Tim Gabungan Sisir Lokasi Gajah Liar

Tim gabungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Conservation Rescue Unit (CRU) gajah jinak dari Balai Konservasi

Tim Gabungan Sisir Lokasi Gajah Liar
IST
Seekor gajah liar yang terpisah dari kelompoknya mengobrak-abrik tanaman milik warga di Keumala 

MEULABOH - Tim gabungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Conservation Rescue Unit (CRU) gajah jinak dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Sabtu (30/6) turun ke lokasi amukan gajah liar di dua titik di kabupaten itu.

Kehadiran tim untuk memastikan langkah penanganan yang perlu dilakukan terkait amukan gajah liar yang telah merusak 40 hektare kebun sawit warga di wilayah itu. Tim turun ke Desa Sibintang, Kecamatan Panton Reu dan Desa Pulo Teungoh, Kecamatan Pante Ceureumen.

“Tim hari ini (kemarin) turun untuk memastikan langkah yang akan ditangani termasuk memastikan sejauh mana gangguan di lokasi itu,” kata Kadis LH Aceh Barat Adi Yunanda kepada Serambi, kemarin. Seperti diberitakan Sabtu (30/6), kawanan gajah liar mengamuk dan menghancurkan paling tidak 40 hektare kebun sawit warga Desa Sibintang, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat.

Selain di Desa Sibintang, satwa yang dilindungi itu juga mengobrak-abrik kebun sawit di Desa Gampong Teungoh, Kecamatan Pante Ceureumen. Laporan amukan gajah di Sibintang diperoleh dari warga setempat, Ali dan rekannya Nasruddin.

Kedua warga tersebut sempat mendatangi DPRK Aceh Barat, Jumat (29/6) melaporkan serangan gajah di desa mereka. Kedatangan kedua warga tersebut diterima Ketua DPRK Aceh Barat Ramli SE.

Menurut Kadis LH Aceh Barat Adi Yunanda gajah liar di Aceh Barat selama ini sering menjadi ancaman bagi warga.

Lokasi amukan gajah terjadi di sejumlah titik selain Desa Sibintang, Kecamatan Panton Reu dan Desa Pulo Teungoh, Kecamatan Pante Ceureumen, amukan gajah liar juga terjadi di Kecamatan Meureubo. “Ada empat ekor gajak jinak yang ikut terlibat dalam tim,” katanya.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved