Unsyiah dan 14 PTN Lainnya Buka Jalur Mandiri

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018 yang dilaksanakan 8 Mei lalu

Unsyiah dan 14 PTN Lainnya Buka Jalur Mandiri

* Hasil SBMPTN Diumumkan Sore Ini

BANDA ACEH - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018 yang dilaksanakan 8 Mei lalu diumumkan hari ini, Selasa (3/7) pukul 17.00 WIB melalui website http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Setelah itu, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bersama 14 PTN lainnya di wilayah barat Indonesia langsung membuka satu lagi jalur pamungkas bagi mahasiswa baru untuk masuk PTN, yakni jalur Seleksi Mandiri Masuk PTN Indonesia Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) yang disebut juga jalur mandiri.

Kepala Humas Unsyiah, Ir Husni Friady MM, mengatakan jalur ini dapat menjadi alternatif bagi calon mahasiswa yang gagal di jalur SBMPTN. “Bagi calon mahasiswa yang belum beruntung di jalur SBMPTN, Unsyiah masih membuka kesempatan melalui seleksi SMMPTN,” ujar Husni kepada Serambi di Banda Aceh, Senin (2/7) sore.

Selain Unsyiah, menurutnya, ada 14 PTN lainnya di Indonesia Barat yang menggelar SMMPTN 2018. Perguruan tinggi di Aceh yang masuk dalam kluster ujian bersama ini, selain Unsyiah adalah Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Universitas Teuku Umar (UTU) di Meulaboh, Universitas Samudra (Unsam) di Langsa, dan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) di Jantho, Aceh Besar.

SMMPTN-Barat merupakan salah satu dari tiga jalur masuk PTN di wilayah barat Indonesia, selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur SMMPTN ini biasa juga disebut jalur mandiri.

Pendaftaran online SMMPTN-Barat 2018, menurut Husni, sudah mulai dibuka sejak 2 Mei hingga 10 Juli 2018. Peserta yang akan mengikuti SMMPTN-Barat kali ini diharuskan melakukan registrasi di website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta diharuskan membayar biaya pendaftaran melalui salah satu bank, yaitu Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Untuk menghindari keterlambatan cetak kartu--seperti yang banyak dialami peserta SBMPTN-- Husni menyarankan sebaiknya peserta yang telah mendaftar SMMPTN-Barat 2018 segera mencetak kartu ujiannya. Dijadwalkan tes tulis (UTBC) SMMPTN-Barat 2018 akan berlangsung pada Selasa, 17 Juli 2018 dan Ujian Keterampilan pada Rabu-Kamis, 18-19 Juli 2018. Hasil seleksi akan diumumkan pada 27 Juli 2018 pukul 14.00 WIB melalui website http://pengumuman.smmptnbarat.id .

“Segala informasi terkait pendaftaran dan seleksi SMMPTN dapat dilihat dan diakses melalui website www.smmptnbarat.id. Diharapkan semua calon peserta membaca dengan saksama sebelum mendaftar,” harap Husni.

Ia tambahkan, seleksi SMMPTN-Barat merupakan seleksi terakhir untuk jenjang S1. Di Unsyiah, daya tampung seleksi ini mencapai 30 persen dari seluruh daya tampung mahasiswa baru tahun 2018.

Ditanya tentang besaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang harus dibayar setiap mahasiswa yang lulus SMMPTN di Unsyiah, Husni Friady menyebutkan jumlah yang tertinggi dan terendah. SPI tertinggi adalah di Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKg), yakni Rp 200 juta, sedangkan yang terendah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), hanya Rp 4 juta.

SPI yang terkadang disebut juga “uang masuk melalui jalur mandiri” ini, menurut Husni, hanya dibayar satu kali di awal perkuliahan. “Tidak ada lagi pembayaran SPI sampai seorang mahasiswa tamat,” ujarnya.

Cuma, di luar SPI ada lagi uang kuliah atau sumbangan penyelenggaran pendidikan yang besarnya Rp 10 juta per semester bagi mahasiswa FK dan Fkg, sedangkan bagi mahasiswa FISIP hanya Rp 2,5 juta per semester. “Jumlahnya bervariasi untuk setiap fakultas. Umumnya, mahasiswa program studi ilmu-ilmu eksakta uang kuliahnya lebih besar dibanding jurusan ilmu-ilmu sosial dan humaniora, karena eksakta banyak praktik lab, praktik lapangan, dan lain-lain,” terang Husni. (dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help