Cempaka Lima Bangun RS

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum Cempaka

Cempaka Lima Bangun RS
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meletakkan batu pertama pada pembangunan Rumah Sakit Umum Cempaka Lima (RSUCL), di Jalan Politeknik Aceh atau jalan tepi kali, Beurawe, Banda Aceh, Selasa (3/7). 

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum Cempaka Lima (RSUCL) yang berlokasi di Jalan Politeknik Aceh, Beurawe, Banda Aceh, Selasa (3/7). Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Direktur RSUZA Banda Aceh Azharuddin, anggota DPRK, sejumlah kepala SKPK, dan perangkat Gampong Beurawe dan Lambhuk.

Aminullah menyampaikan, keberadaan RS bertaraf internasional ini akan memberi multiplier effect bagi Banda Aceh. Selain meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, juga diharapkan dapat menekan jumlah warga kota yang berobat ke luar daerah atau luar negeri.

“Masih banyak warga kita yang berobat ke Medan, Malaysia, hingga Singapura. Imbasnya cukup banyak uang yang ke luar dari Aceh sehingga merugikan keuangan atau perekonomian daerah. Dengan adanya rumah sakit besar yang bagus plus layanan berkualitas, kita berharap bisa mengurangi uang kita yang ke luar,” katanya.

Kehadiran RSUCL juga diharapkan dapat membuka lapangan kerja di Banda Aceh. Menurutnya, angka pengangguran di Banda Aceh masih tinggi, dan ia berharap pihak manajemen rumah sakit untuk memprioritaskan kesempatan kerja bagi warga pemegang KTP Banda Aceh.

Sementara Direktur PT Cempaka Lima Medika, Kartini Nyak Itam, menambahkan RSUCL akan menampung tenaga kerja lebih kurang 400-500 orang dari berbagai disiplin ilmu. “Insya Allah dalam pelaksanaan rekruitmen tenaga kerja, kami akan memprioritaskan kepada masyarakat yang berdomisili di kota Banda Aceh,” ujarnya.

Dikatakan, RSUCL akan memberikan pelayanan kesehatan 24 jam, serta juga melayani BPJS. Ia menyebutkan RSUCL dibangun dilahan seluas 4.200 meter dengan gedung berlantai 5 yang merupakan gedung ramah lingkungan. “Posisi letak lahan ini kami pilih karena direncanakan akan disertifikasi oleh Green Building Council Indonesia untuk mendapatkan sertifikat bangunan hijau,” ujarnya.

Komisaris Cempaka Lima Medika, Abdullah Harlansyah mengatakan, pembangunan RSUCL juga akan dilengkapi dengan solar panel. Yaitu pembangkit listrik tenaga surya yang memanfaatkan matahari untuk memenuhi sebagian tenaga listrik di rumah sakit tersebut. “Sehingga bangunannya lebih efisien,” katanya.

Dia menyebutkan, RSUCL akan dibangun dengan lima lantai. Pada lantai pertama merupakan lobi dan poliklinik. Lantai kedua emergency floor yang terdapat ruang MRI, CT Scan, X-Ray, USG, serta poliklinik non BPJS.

Lantai tiga ada ruang operasi yang terdiri atas lima ruang, ICU, recovery room. “Untuk ruang ICU-nya dipisah antara anak-anak, bayi, dan orang tua,” katanya. Sementara di lantai empat dan lima merupakan ruang perawatan yang terdiri atas lebih kurang 40 ruang.(una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved