UIN Ar-Raniry Buka Jalur PMB Lokal

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri

UIN Ar-Raniry Buka Jalur PMB Lokal
UIN Ar-Raniry 

BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri atau Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal. Jalur ini merupakan jalur terakhir setelah sebelumnya menerima mahasiswa melalui jalur SNMPTN, SPAN PTKIN, SBMPTN dan UM PTKIN.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr H Muhibutthabary MAg, seusai memimpin rapat persiapan PMB Lokal di ruang sidang Rektor lantai II gedung Rektorat, Darussalam Banda Aceh, Selasa (3/7).

Muhibutthabary mengatakan, UIN Ar-Raniry membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan pada kampus itu, yakni melalui jalur yang ke lima dari seluruh jalur yang dibuka pada tahun 2018 ini. “Kami yakin banyak masyarakat Aceh yang ingin melanjutkan kuliah di UIN Ar-Raniry. Namun belum ada kesempatan melalui jalur penerimaan yang dilakukan secara nasional, dengan persaingan yang sangat ketat seluruh Indonesia. Dan perlu diketahui biaya kuliah melalui jalur ini juga sama saja dengan mahasiswa yang diterima melalui jalur-jalur lain,” ujarnya.

Menurut Muhib, jalur terakhir ini lebih berpeluang karena pilihan program studinya lebih banyak. Jumlah pelamar juga diprediksikan lebih banyak dari Aceh, sehingga kesempatan lebih banyak. Jalur PMB Lokal ini akan dibuka seluruh Prodi di UIN Ar-Raniry, termasuk Prodi Kesejahteraan Sosial (Kesos) di Fakultas Dakwah dan Komunikasi serta Prodi Teknologi Informasi pada Fakultas Saintek (dua Prodi baru yang telah mendapatkan izin dari Menristek Dikti mulai tahun ini, baik jenjang strata satu (S1) maupun diploma tiga (D3). Sedangkan kuota yang diterima melalui jalur PMB Lokal sekitar 30 persen dari total yang diterima pada masing-masing prodi.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik UIN Ar-Raniry, Fadhli MPd mengatakan, pendaftaran jalur PMB Lokal telah dibuka secara online sejak 25 Juni hingga 17 Juli mendatang. Sedangkan pembayaran dibuka sampai 18 Juli 2018 melalui Bank Aceh Syariah, dengan membawa nomor invoice dari bukti pendaftaran online tersebut.

“Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara membuka Laman resmi pmb.ar-raniry.ac.id (http://www.pmb.ar-raniry.ac.id/), mengisi formulir dengan biodata lengkap dan benar, klik daftar atau simpan dan calon peserta akan medapatkan nomor invoice pembayaran dan password. Peserta dapat melakukan pembayaran melalui Bank Aceh Syariah dengan memperlihatkan nomor invoice pembayaran dan password tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan, tahap berikutnya peserta melakukan Login kembali dengan user & password yang diperoleh bersamaan dengan invoice dan peserta dapat mencetak kartu ujian, panduan pendaftaran juga dapat dilihat pada link berikut ini (https://www.youtube.com/watch?v=-0nGzPy1a9k&feature=youtu.be).Ujian tulis akan dilaksanakan pada 24 Juli di kampus UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, hasil akan diumumkan pada 1 Agustus mendatang, info lebih lanjut dapat ditanyakan langsung melalui narahubung; 085213842960.(rel/mis)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help