Jalan Aspal Meleleh Akibat Cuaca Panas di Australia, Mobil Melintas Harus Mengganti Ban Baru

Perubahan cuaca membuat jalan aspal meleleh di Queensland utara, Australia, sehingga menempel pada ban kendaraan yang lewat

Jalan Aspal Meleleh Akibat Cuaca Panas di Australia, Mobil Melintas Harus Mengganti Ban Baru
Aspal jalan yang meleleh di Atherton Tableland, kota Cairns, Queensland, Australia, menempel pada ban kendaraan. (Facebook/Tablelander) 

SERAMBINEWS.COM - Perubahan cuaca membuat jalan aspal meleleh di Queensland utara, Australia, sehingga menempel pada ban kendaraan yang lewat.

Dilansir dari ABC News, Kamis (5/7/2018), insiden tersebut membuat kekacauan lalu lintas di Jalan Malanda Millaa Millaa dan kerusakan pada ban kendaraan.

Jalan yang terletak di Atherton Tableland, kota Cairns, kini telah ditutup.

50 pengendara berhak menerima kompensasi atas melelehnya aspal yang terjadi pada Selasa lalu.

Baca: 6 Hal yang Harus Disediakan Jika Kim Jong Un Bepergian ke Luar Negeri, Apa Saja?

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini dan ketika laporan mulai datang kemarin, ini seperti tidak masuk akal," kata wali kota setempat Joe Paronella.

Jalan aspal meleleh disebabkan oleh perubahan cuaca, dan perbaikan jalan yang baru selesai dikerjakan pada pekan lalu oleh kontraktor COLAS Australia.

Direktur Departemen Transportasi dan Jalan Utama setempat, Sandra Burke, mengatakan cuaca yang sangat panas menyebabkan permukaan jalan meleleh.

"Kami menghadapi kondisi cuaca sangat panas di Jalan Malanda Millaa Millaa. Kemudian kombinasi cuaca dingin dan basah serta panas kemarin menyebabkan situasi ini terjadi," katanya.

Burke menyatakan, departemen transportasi akan menawarkan kompensasi bagi setiap kendaraan atau kerusakan properti yang disebabkan oleh pekerjaan konstruksi.

Baca: Kesalahan Fatal Amerika Saat Invasi ke Irak dan Gantung Saddam Husein, Akankah Terulang di Suriah?

"Semua klaim untuk kompensasi akan dinilai berdasarkan kasus per kasus," ucap Burke.

Penduduk setempat, Deborah Stacey, mengatakan, ada lelehan aspal yang menempel di kendaraan terjadi di tengah cuaca panas yang diikuti cuaca dingin dan hujan selama beberapa hari.

"Selama sepekan, kaca jendela retak. Kemudian begitu matahari terbit, aspal mulai menempel di ban," katanya, kepada Courier Mail.

Pemilik layanan servis mobil terdekat, Vince Whalley, mengatakan sekitar belasan pelanggan ditanganinya karena kendaraan mereka membutuhkan ban baru, setelah melintasi jalan aspal yang meleleh.

"Ban menjadi sangat tidak aman. Aspal di ban itu juga membuat bumper longgar, merusak panel di bawahnya," katanya.(*)

Baca: Militer Rusia Tegaskan Tetap Bertahan di Suriah, Ini Tujuannya Kata Presiden Putin

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Perubahan Cuaca Bikin Jalan Aspal di Wilayah Australia Meleleh

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved