Luar Negeri

China Kembangkan Jet Tempur Terbaru Untuk Ditempatkan di Kapal Induk 

Jet tempur J-15 yang dimiliki China saat ini dibangun berdasarkan prototipe pesawat tempur superior generasi keempat Sukhoi Su-33 milik Rusia

China Kembangkan Jet Tempur Terbaru Untuk Ditempatkan di Kapal Induk 
Foto yang diambil pada Desember 2016, menunjukkan jet tempur J-15 milik China yang bersiap untuk lepas landas dari kapal induk Liaoning.(AFP / STR) 

SERAMBINEWS.COM - China dikabarkan tengah mengembangkan jet tempur terbaru yang akan menggantikan pesawat tipe J-15 miliknya, menyusul serangkaian insiden yang disebabkan kegagalan mekanis.

Peningkatan armada pesawat tempur tersebut sebagai salah satu upaya Beijing untuk membangun angkatan laut yang mampu beroperasi secara global.

Seperti halnya J-15, pesawat tempur baru tersebut akan ditempatkan di kapal induk.

Jet tempur J-15 yang dimiliki China saat ini dibangun berdasarkan prototipe pesawat tempur superior generasi keempat Sukhoi Su-33 milik Rusia yang bermesin ganda.

Baca: Trump Mulai Bidik Indonesia Untuk Perang Dagang, Pengusaha Diimbau Tetap Waspada

Namun desain pesawat tempur yang dikembangkan oleh Shenyang Aircraft Corporation, unit perusahaan industri penerbangan pemerintah China, tersebut telah berusia lebih dari 30 tahun.

Dengan berat maksimum lepas landas mencapai 33 ton, pesawat J-15 merupakan jet tempur berbasis kapal induk terberat di dunia dan saat ini digunakan pada kapal induk pertama China, Liaoning.

Pengembangan jet tempur baru juga dianggap mendesak dilakukan China yang berencana membangun setidaknya empat kelompok kapal induk demi memenuhi ambisi angkatan laut globalnya.

"Selain itu China juga perlu mempertahankan kepentingan luar negerinya yang terus berkembang," kata pakar angkatan laut Beijing, Li Jie, dilansir SCMP.

"Demi meningkatkan efektivitas tempur serangan kelompok kapal induknya, China perlu untuk mengembangkan jet tempur berbasis kapal induk miliknya," kata Li.

Baca: Tim PBB: Anak-anak Dipenggal dalam Konflik Bersenjata di RD Kongo, Termasuk Perkosaan Massal

Menurutnya, China dalam menggunakan pesawat tempur siluman FC-31 sebagai model jet tempur barunya, menggantikan J-15.

Halaman
12
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help