Delegasi BkkbN Aceh Ikuti Rangkaian Kegiatan Harganas

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd

Delegasi BkkbN Aceh Ikuti Rangkaian Kegiatan Harganas
KEPALA Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd (dua dari kiri), didampingi Kepala OPD KB Aceh Tenggara, Sudirman, meninjau kelompok UPPKS Anyaman Bambu, di Desa Muara Situlen, Kecamatan Babul Makmur, Aceh Tenggara, Jumat (23/3). foto:ist 

BANDA ACEH - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd, beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) BkkbN Aceh, Rina Wati Siregar dan anggota delegasi lainnya mulai mengikuti rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-25 di Kota Manado, Sulawesi Utara, 2-7 Juli 2018. Puncak acara yang berlangsung Sabtu (7/7) besok menurut rencana akan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) beserta sejumlah menteri kabinet.

Pada Kamis (5/7), Kepala Perwakilan bersama Ketua DWP BkkbN Aceh setidaknya mengikuti empat kegiatan. Keempat acara tersebut adalah “Ngobrol Asyik Dengan Remaja GenRe Indonesia,” “GenRevolution Berteman Bangun Karakter Remaja,” “Seminar Nasional Pengasuhan dan Tumbuh Kembang Anak,” serta “Penguatan KIE dan KKBPK Melalui Bakti Dharma Wanita Persatuan BkkbN.” Dua kegiatan pertama dipusatkan di Aula Serbaguna Kantor Wali Kota Manado dan dua kegiatan lainnya diadakan di dua lokasi terpisah.

Sementara empat anggota delegasi BkkbN Aceh, yaitu Cut Erli Suriany (PKB PNS), Agus Sofyan dan Dewi Treeyana Jaya (Pasangan KB Lestari 15 Tahun), serta Halimatussakdiah (PLKB Non-PNS) pada 4-6 Juli 2018 mengikuti Jambore Pengelola Teladan Program KKBPK Tingkat Nasional di Hotel Mercure, Manado. Kegiatan lain yang diikuti delegasi BkkbN Aceh adalah Gelar Dagang dan Pameran yang dipusatkan di kawasan Megamas, Manado. Pameran tersebut rencananya akan dibuka Jumat (6/7) pagi ini.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut, Plt Kepala BkkbN, Sigit Priohutomo, pejabat Pemko Manado, serta pejabat tinggi madya BkkbN di antaranya Sekretaris Utama, Nofrijal, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK), dr M Yani MKes, Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Dwi Listyawardani, serta Inspektur Utama, Agus Sukiswo.

Plt Kepala BkkbN, Sigit Priohutomo dalam pidatonya pada kegiatan “GenRevolution Berteman Bangun Karakter Remaja” dan Ngobrol Asyik Dengan Remaja GenRe Indonesia” berpesan kepada remaja Indonesia agar bisa merevolusi mental dan menjadi agen perubahan (agent of change) untuk membuat Indonesia semakin baik dan remaja GenRe (Generasi Berencana) bisa menjadi motivator dan rule model bagi remaja lain.

Deputi KSPK, M Yani saat membuka Seminar Nasional Pengasuhan dan Tumbuh Kembang Anak mengatakan, Presiden Jokowi menyerukan agar revolusi mental harus dimulai dari diri masing-masing, lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja, dan lingkungan kota, dan lingkungan negara. “Revolusi mental harus dimulai dari keluarga karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat sekaligus wahana pertama dan utama bagi penyemaian karakter bangsa. Karena itu, keluarga mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan asah, asih, dan asuh,” jelas M Yani.

Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Sahidal Kastri, secara terpisah mengatakan, keluarga menjadi ajang paling sempurna untuk menanamkan ketiga nilai karakter manusia Indonesia yaitu integritas, etos kerja, dan gotong royong, yang dibangun sejak dini, kehamilan, kelahiran, dan masa tumbuh kembang anak. Untuk itu, kata Sahidal, pola pendidikan keluarga yang diterapkan di Aceh disesuaikan dengan kearifan lokal yaitu syariat Islam dan menerapkan 8 fungsi keluarga. “Semoga peringatan Harganas tahun ini benar-benar menjadi tonggak sejarah untuk mewujudkan keluarga berkualitas,” demikian Sahidal Kastri. (rel/sal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help