Kalak BPBD Se-Aceh Ngumpul di Banda Aceh, Ini yang Dibahas

Penguatan kelembagaan harus menjadi fokus karena hingga saat ini belum semua kabupaten/kota menyiapkan indeks risiko bencana.

Kalak BPBD Se-Aceh Ngumpul di Banda Aceh, Ini yang Dibahas
IST
Kalak BPBA, Teuku Ahmad Dadek melaporkan kegiatan Rakor Penanggulangan Bencana di hadapan Kalak BPBD se-Aceh, di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh, Jumat (6/7/2018). 

Laporan Nasir Nurdin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) dari 23 kabupaten/kota di Aceh berkumpul di Banda Aceh, membahas berbagai isu terkait pengurangan risiko bencana.

Kalak BPBA, Teuku Ahmad Dadek melaporkan masih banyak yang harus disinkronkan antara provinsi dan kabupaten/kota dalam tugas-tugas yang terkait pengurangan risiko bencana.

Dadek mengingatkan, penguatan kelembagaan harus menjadi fokus karena hingga saat ini belum semua kabupaten/kota menyiapkan indeks risiko bencana.

Dokumen-dokumen dasar menyangkut perencanaan juga harus menjadi prioritas.

Baca: Tersangka Penggelapan Beras Bantuan Bencana di Pijay Ditahan, Ini Ancaman Hukumannya

Kecuali itu, lanjut Dadek, banyak rencana kontijensi (renkon) yang belum kita miliki padahal penyiapan renkon bukan sesuatu yang sulit karena intinya adalah siapa melakukan apa saat darurat bencana.

“Semua harus disiapkan dalam kondisi normal, bukan saat bencana baru sibuk,” tandas Dadek menggambarkan pentingnya Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan oleh BPBA di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh, Jumat (6/7/2018).

Rakor Penanggulangan Bencana yang memfokuskan pada pengurangan indeks risiko tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Aceh, H Rachmat Fitri.

Baca: Hentikan Kebiasaan Makan Nasi Bersama Mi Instan, Ini Bahaya yang Mengancam Tubuh

Sebagai narasumber utama dihadirkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Juga hadir Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh, Nasir Nurdin dan Unsur Pengarah BPBA, Dr Ir M Dirhamsyah MT.(*)

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved