Rumah Semi Pemanen di Keude Bakongan Hangus Terbakar

Musibah tersebut diketahui pertama kali oleh Ariani, (45) warga Gampong Keude Bakongan,

Rumah Semi Pemanen di Keude Bakongan Hangus Terbakar
ist
Kondisi rumah Razali alias Ponyak, (42), salah seorang warga Keude Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan yang ludes terbakar, Jumat (6/7/2018). 

Laporan  Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Sebuah bangunan rumah dengan kontruksi semi permanen di Gampong Keude Bakongan, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, ludes dilalap sijago merah, Jum'at, (6/7/2018), pukul 05.20 WIB.

Menurut Informasi yang diterima Serambinews.com, musibah kebakaran tersebut menimpa rumah Razali alias Ponyak, (42), salah seorang warga Keude Bakongan yang saat kejadian tidak berada di rumah.

Kejadian naas tersebut diketahui pertama kali oleh Ariani, (45) warga Gampong Keude Bakongan, yang saat itu sedang membuang sampah di depan rumahnya.

Baca: BPBD Aceh Selatan Tempatkan Pos Damkar di Kecamatan Sawang

Saat mengetahui api membumbung tinggi membakar rumah Razali, ia langsung berteriak memberitahukan kepada suaminya, Isa Ansari dan warga sekitar.

Warga yang mengetahui kejadian tersebut datang berbondong-bondong berupaya memadamkan api yang sudah membesar.

"Sekira pukul 05.20 WIB, istri saya Ariani, keluar ke depan rumah membuang sampah, istri saya terkejut dan berteriak meminta tolong melihat api yang sudah membesar," kata Camat Bakongan, Isa Ansari, SH.

Saat itu, tambahnya, dirinya langsung memberitahukan kepada warga dan warga langsung datang berbondong-berbondong memadamkan api.

Isa Ansari juga mengatakan, saat kejadian pemilik rumah Razali, (42), tidak berada di rumah, kondisi rumah yang berdindingkan papan membuat api dengan sekejap menganguskan bangunan rumah tersebut.

Baca: Tiga Toko dan Satu Rumah Terbakar

"Sewaktu kejadian tidak ada orang di rumah, dengan kondisi rumah semi permanen api dengan cepat membesar dan menganguskan bangunan rumah tersebut," jelasnya.

Sambungnya, kejadian tersebut sempat membuat panik warga setempat.

Api berhasil di padamkan sekitar pukul 06.20 WIB, setelah dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Kecamatan Bakongan dan Kecamatan Kluet Utara tiba di lokasi.

Dikatan Isa Azhari, Kondisi rumah tersebut 90 persen ludes terbakar.

Hingga saat ini belum ada bantuan dari pihak manapun.

"Kita berharap kepada Pemkab Aceh Selatan melalui Dinas terkait dalam hal ini BPBD Aceh Selatan, Dinas Sosial atau melalui Baitul Mal untuk dapat membantu meringankan musibah kebakaran ini, menggingat kondisi korban berasal dari keluarga kurang mampu," kata Camat Bakongan. (*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help