Uni Papua-Kemenkopolhukam Gagas Sepakbola Perdamaian

Komunitas Uni Papua bersama Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam)

Uni Papua-Kemenkopolhukam Gagas Sepakbola Perdamaian
WALI Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SEAk MM menyerahkan cinderamata kepada Asisten Deputi (Asdep) V Kemenkopolhukam, Brigjen TNI Gamal Haryo Putro MHum saat pertemuan di Balai Kota, Rabu (4/7). 

BANDA ACEH - Komunitas Uni Papua bersama Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) menggagas penyelenggaraan turnamen sepakbola perdamaian mulai 22 September 2018 di empat kota, yakni Jakarta, Aceh, Bali, dan Manokwari.

Untuk menyosialisasikan program tersebut, Asisten Deputi (Asdep) V Kemenkopolhukam, Brigjen TNI Gamal Haryo Putro MHum yang ditemani pengurus Uni Papua pusat dan regional Aceh melakukan pertemuan dengan Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SEAk MM di Balai Kota, Rabu (4/7) kemarin. Pada kesempatan itu, Brigjen Gamal mengharapkan Wali Kota Banda Aceh dan jajarannya dapat membantu fasilitas yang dibutuhkan peserta turnamen sepakbola perdamaian itu nantinya, sehingga program tersebut dapat berlangsung sebagaimana yang diharapkan.

Aminullah pun menanggapi positif permintaan Asdep V Kemenkopolhukam tersebut. “Saya sebagai salah seorang pembina Uni Papua regional Aceh sangat mendukung program yang didatangkan dari pusat, karena sangat membantu perkembangan daerah, apalagi lewat sepakbola perdamaian,” ucap Wali Kota.

Sementara itu, Koordinator Uni Papua regional Aceh, Khawaled SPdi mengungkapkan, rangkaian sepakbola perdamaian nantinya juga diisi dengan coaching camp, workshop, festival, dan kampanye sepakbola perdamaian. “Sedangkan program jangka panjang Uni Papua Indonesia adalah melaksanakan pelatihan pelatih, baik dari kalangan guru, swasta, maupun komponen masyarakat lainya, hingga dapat melahirkan 300 pelatih,” beber Khawaled.

Program lainnya yakni, ke depan menyiapkan pemain di bawah usia 16 tahun hasil turnamen, sebagai cikal bakal pembangkitan semangat para remaja dan pemuda dalam berolahraga dan menuju prestasi.

Di sisi lain, Manager Program Sepakbola Perdamaian Kemenkopolhukam RI, Ahmad Maulana Sirath mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan tersebut akan dimulai lewat laga persahabatan di Jakarta pada 21 September 2018, dengan kombinasi pemain perwakilan menteri, duta besar, tokoh agama, dan kepala daerah.

“Sehari kemudian, baru dilakukan pembukaan turnamen itu langsung di Jakarta, Aceh, Bali, dan juga Manokwari, sebagai daerah yang kepengurusan Uni Papuanya sangat intens selama ini dalam melakukan berbagai program kegiatan,” paparnya.

Maulana mengungkapkan, selain bertemu Wali Kota, selama dua hari berada di Banda Aceh, rombongan Kemenkopolhukam juga beraudiensi dengan Pangdam IM, Kapolda Aceh, Danrindam IM, Pemerintah Aceh, Asprov PSSI Aceh, dan terakhir memaparkan program Uni Papua di studio TVRI Banda Aceh.(pon/rel)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help