Upja Abdya Latih Operator Traktor 4 WD  

Unit pengelola jasa alat mesin pertanian (Upja) Harapan Rakyat Kabupaten Aceh Barat Daya menggelar pelatihan

Upja Abdya Latih Operator Traktor 4 WD   
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF

BLANGPIDIE - Unit pengelola jasa alat mesin pertanian (Upja) Harapan Rakyat Kabupaten Aceh Barat Daya menggelar pelatihan membawa dan memperbaiki traktor 4 WD kepada puluhan masyarakat dan mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU), Kamis (5/7) di Desa Lhok Gajah, Kecamatan Kuala Batee.

Ketua Upja Harapan Rakyat Abdya, Muharryadi mengatakan pelatihan itu dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada 30 masyarakat, khususnya para operator baru, sehingga jika terjadi kerusakan mesin traktor 4 WD, para operator bisa memperbaiki langsung.

“Selama ini, jika rusak (traktor 4 WD), kita sering mendatangkan teknisi dari luar Abdya, selain menghabiskan banyak biaya, juga berdampak pada terlambatnya bajak sawah,” ujar Ketua Upja Harapan Rakyat, Muharryadi.

Atas pengalaman itu, katanya, pihaknya berinisiatif membuat pelatihan, sehingga jika terjadi kerusakan, maka operator bisa memperbaiki langsung mesin, dan bajak sawah pun tepat waktu. “Ada memang yang paham, tapi jika operator yang baru, banyak yang tidak paham tentang mesin. Jika kita biarkan dan tidak beri pelatihan, maka target bajak sawah tidak tepat waktu,” sebutnya.

Dalam pelatihan itu, tambah Muhar, pihaknya langsung menurunkan delapan unit mesin traktor 4 WD Iseki, sehingga para operator bisa mempraktikkan langsung setiap materi yang diberikan oleh pemateri.

“Pemateri yang kita hadirkan langsung PT Rutan, yang merupakan sebuah perusahaan alat pertanian terbesar di Indonesia,” ungkapnya.

Dalam acara itu, selain para operator juga tampak hadir dari perwakilan Dinas Pertanian Abdya, perwakilan dari Koramil Kuala Batee, Keuchik Desa Lhok Gajah dan tamu undangan lainnya.(c50)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved