97 Persen Warga Aceh Jaya Sudah Miliki KTP

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Jaya terus melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)

97 Persen Warga Aceh  Jaya Sudah Miliki KTP
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi: e-KTP yang telah selesai dicetak. 

CALANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Jaya terus melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Hingga kini tercatat hanya tersisa sekitar 3 persen saja masyarakat yang belum memiliki e-KTP dari jumlah 63.192 warga yang wajib KTP di kabupaten setempat.

Kepala Disdukcapil Aceh Jaya Cut Kaswati kepada Serambi, Jumat (6/7) saat ditemui di kantornya dikawasan Kota Calang, Aceh Jaya mengatakan dari jumlah total penduduk Aceh Jaya yang mencapai 88.033 jiwa hanya 63.192 jiwa yang sudah wajib KTP.

“Dari jumlah yang sekian, tidak mencapai 4 persen lagi sekitar 3 persenlah yang belum, sementara 97 persen sudah memiliki e-KTP,” terangnya kepada Serambi, Jumat (6/7).

Dia sebutkan pihaknya melakukan pogram jemput bola ke desa-desa dengan memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat yang ingin melakukan perekaman atau pembuatan e-KTP.

“Kami memang setiap hari turun ke desa untuk melakukan perekaman langsung, biar masyarakat bisa mengurus KTP, jangan nanti masyarakat ketika butuh baru buat KTP. Apalagi untuk pemilihan pada pileg dan Pilpres tahun 2019 para pemilih diwajibkan memiliki KTP elektronik,” ujarnya.

Dia tambahkan dalam perekaman e-KTP Disdukcapil Aceh Jaya juga terkendala dengan sering terganggunya jaringan internet sehingga membuat proses percetakan KTP menjadi lambat.

Menurut Cut Kamawati gangguan jaringan juga sangat sering terjadi sehingga masyarakat yang membutuhkan KTP harus diberikan Surat Keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP.(c52)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help