BkkbN Aceh akan Gelar Harganas Tingkat Provinsi

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Aceh akan mengadakan peringatan Hari Keluarga Nasional

BkkbN Aceh akan Gelar Harganas Tingkat Provinsi
KEPALA Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd (dua kanan), foto bersama Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman (kiri) dan dua pejabat lainnya saat menghadiri puncak peringatan Harganas Ke-25 Tingkat Nasional di kawasan Megamas, Kota Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (7/7) pagi. 

BANDA ACEH - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Aceh akan mengadakan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Provinsi Aceh di Kota Langsa, awal September mendatang. Kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari peringatan Harganas tingkat nasional yang berlangsung di Kota Manado, Sulawesi Utara, 2-7 Juli 2018.

“Dalam pelaksanaan Harganas tingkat Provinsi Aceh nanti akan kita libatkan beberapa SKPA dan SKPK terutama yang berkaitan langsung dengan pemberdayaan masyarakat dan berhubungan dengan peningkatan keimanan dan akhlak. Diantaranya Dinas Syariat Islam, Kantor Kementerian Agama (kankemenag), Dinas Pendidikan, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG),” jelas Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd, di sela-sela menghadiri puncak peringatan Harganas Ke-25 di kawasan Megamas, Kota Manado, Sabtu (7/7) pagi.

Dipilihnya kegiatan yang demikian, menurut Sahidal, karena hal tersebut berkaitan dengan program yang ada di Kampung keluarga berencana (KB). “Kita harapkan ada delapan Pokja di gampong KB yang sesuai dengan delapan fungsi keluarga. Jadi, salah satu kegiatan yang ingin kita laksanakan pada Harganas tingkat provinsi di Kota Langsa nanti adalah lomba pemahaman dan pelaksanaan syariat Islam di rumah tangga berupa lomba cerdas cermat keluarga,” ungkapnya.

Begitu juga dengan lomba usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS), lanjut Sahidal, akan dilihat kelompok peningkatan usaha ekonomi keluarga yang benar-benar mewakili dari keluarga sendiri seperti home industry. “Nanti kita juga akan adakan seminar keluarga sakinah di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Untuk melaksanan program ini semua, perlu sebuah tim kepanitiaan yang andal,” timpal Sahidal seraya menyatakan delegasi BkkbN Aceh yang mengikuti Harganas tingkat nasional akan kembali ke daerah Minggu (8/7) pagi ini melalui Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Untuk terealisasinya kegiatan tersebut, tambah Sahidal, pihaknya berencana mengadakan rapat dengan Tim OPD KB Kota Langsa, minggu depan. “Semoga Allah SWT meridhai upaya ini. Semua itu kita lakukan untuk memberi pemahaman kepada kita tentang pentingnya pembinaan keluarga bagi kemajuan bangsa dan wilayah, terutam dalan rangka penerapan syariat Islam di keluarga kita masing-masing,” pungkas Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd.

Puncak peringatan Harganas Ke-25 di Manado, Sabtu (7/7) pagi, dihadiri dua menteri kabinet kerja. Kedua menteri itu adalah Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, serta Menteri Pemderdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise.(jal/rel)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved