Bacaleg Diminta Segera Mendaftar

Memasuki hari keenam sejak dibukanya masa pendaftaran pada 4 Juli lalu, belum ada bakal calon legislatif

Bacaleg Diminta Segera Mendaftar

* Ke Kantor KIP

BANDA ACEH - Memasuki hari keenam sejak dibukanya masa pendaftaran pada 4 Juli lalu, belum ada bakal calon legislatif (bacaleg) dari partai politik (parpol) yang mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh atau KIP kabupaten/kota.

Sekretaris KIP Aceh, Darmansyah meminta semua parpol di Aceh segera mendaftarkan bacaleg ke KIP. Begitu juga dengan bacaleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, diminta segera mendaftar ke KIP Aceh sebelum masa pendaftaran ditutup pada 17 Juli 2018.

“Hingga sekarang belum ada parpol yang mendaftar. DPD belum satupun juga yang mendaftar. Sebenarnya kalau lebih cepat didaftar akan lebih baik. Tapi, hingga sekarang belum ada parpol dan DPD yang mendaftar,” katanya kepada Serambi, Senin (9/7).

Dia menjelaskan bahwa tahapan pendaftaran pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya. Menurut Darmansyah, pada pemilu mendatang, khusus bagi bacaleg DPR/DPRA/DPRK yang mendaftar akan dites uji baca Alquran pada saat proses pendaftaran.

“Tahun ini jadwal pendaftaran dari tanggal 4-17 Juli. Saat pendaftaran juga ada tes baca Alquran bagi bacaleg. Kalau mendaftarnya sekaligus di pengujung masa pendaftaran semuanya, khawatir kita peserta tes baca Alquran jumlahnya terlalu besar,” ujarnya.

Darmansyah menyatakan, dengan lebih cepat bacaleg mendaftar, maka akan lebih mudah penguji untuk menentukan jadwal tes baca Alquran. Sebab, pihaknya telah menetapkan tes baca Alquran akan dilaksanakan berselang satu hari setelah masa pendaftaran.

“Kita tentukan. Kalau yang daftar tangal 4, tes baca Alquran tanggal 5, selang satu hari. Tapi kalau semuanya mendaftar di pengujung masa pendaftaran kita khawatir pada saat tes mampu baca Alquran jumlahnya terlalu besar dan memakan waktu yang lama,” ujar dia.

Karena itu, dia berharap kepada semua ketua parpol untuk sesegera mungkin mendaftarkan calegnya ke KIP. Harapan yang sama juga diminta kepada bacaleg DPD RI. Sebab, jika ada kekurangan syarat nantinya akan bisa langsung diperbaiki.

Darmansyah juga menyampaikan bahwa pada 11 Juli 2018 akan turun tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke KIP Aceh. Mereka akan mengklarifikasi harta kekayaan masing-masing bacaleg DPD yang sudah didaftarkan sebelumnya sebagai syarat mengikuti pemilu 2019.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help