Batas Pendaftaran Bacaleg 5 Hari Lagi

Batas waktu pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) akan ditutup pada 17 Juli 2018

Batas Pendaftaran Bacaleg 5 Hari Lagi
Iskandar Agani 

* KIP Minta Parpol Segera Mendaftar

IDI - Batas waktu pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) akan ditutup pada 17 Juli 2018, yang berarti tinggal lima hari lagi jika dihitung dari Kamis (12/7) hari ini. Untuk itu, partai politik (parpol) diharapkan bisa secepatnya mendaftarkan bacaleg-nya ke kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP).

Informasi yang diperoleh Serambi dari KIP Aceh Timur, hingga Rabu (11/7) kemarin masih belum ada parpol yang mendaftarkan bacaleg. Padahal jadwal pendaftaran telah dibuka sejak Rabu (4/7).

“Sejak dibuka pendaftaran, sampai saat ini belum ada partai politik yang mendaftarkan bacaleg ke KIP Aceh Timur,” ungkap Ketua KIP Aceh Timur yang merangkap Ketua Divisi Hukum dan Pencalonan, Iskandar A Gani, kemarin.

Mengingat waktu yang kian sempit, ia mengingatkan parpol untuk segera mendaftarkan bacaleg ke KIP. Hingga 16 Juli, pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00. Sedangkan pada hari terakhir, 17 Juli, pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 hingga 24.00 WIB.

“Saya berharap partai politik mendaftar di awal-awal bukan di detik terakhir, sehingga jika berkas pencalonan belum lengkap masih ada waktu untuk melengkapinya,” ujar Iskandar.

Di KIP Pidie juga belum ada satu parpol pun yang mendaftarkan bacaleg-nya. Kasubbag Teknis dan Hukmas KIP Pidie, Neti Saparita SH MH, bahkan mengaku sudah mengimbau melalui group WhatsApp.

Dia mengimbau agar pendaftaran dilakukan lebih awal, sehingga jika ada kekurangan berkas, bisa segera dilengkapi dalam batas waktu tersebut. “Kita tidak bisa memaksa, kapasitas kita hanya mengimbau,” ujar Neti di Sigli.

Terpisah, anggota Panwaslu Pidie, Ismalianto, juga menyampaikan imbauan serupa. Kami berharap parpol segera melakukan pendaftaran karena batas pendaftaran sampai dengan tanggal 17 Juli 2018 ini,” katanya.

Di KIP Bireuen juga demikian. Sekretaris KIP Bireuen, Saifuddin SH, memperkirakan, pendaftaran baru akan ramai menjelang berakhirnya masa pendaftaran.

“Jumlah partai politik di Bireuen ada 20 partai, mungkin menjelang penutupan baru mendaftar. Batas akhir pendaftaran pukul 24.00 pada 17 Juli mendatang,” ujar Saifuddin.(c49/aya/yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help