Ruang Kadisdik Disegel

RABU, 11 Juli 2018, penyidik KPK kembali menggeledah sejumlah kantor kedinasan lingkup Pemerintah Aceh di Banda Aceh

Ruang Kadisdik Disegel
TIM KPK membawa dokumen seusai menggeledah Gedung B Dinas Pendidikan Aceh, Rabu (11/7). 

* Dokumen Proyek Rp 1,5 T Disita di Dinkes

RABU, 11 Juli 2018, penyidik KPK kembali menggeledah sejumlah kantor kedinasan lingkup Pemerintah Aceh di Banda Aceh, yaitu gedung B Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh. Sehari sebelumnya, KPK juga menggeledah Dinas PUPR dan Dispora Aceh.

Dalam penggeledahan kemarin, KPK ternyata juga menyegel ruang kerja Kadisdik Aceh, Syaridin dan ruang oproom di gedung A Disdik Aceh di Jalan Tgk Daud Beureueh, Banda Aceh. Penyegelan kedua ruangan itu dilakukan KPK sekira pukul 11.00 WIB.

Pantauan Serambi, selembar stiker berlambang KPK terlihat tertempel di antara kedua pintu. “Gak tahu juga jam berapa bang, kayaknya pagi tadi. Sebelum zuhur lah,” kata seorang satpam yang dijumpai Serambi di Disdik Aceh.

Usai menyegel ruang kerja Kadisdik Aceh, tim KPK bergerak gedung B Disdik Aceh di Jalan Dimurthala atau di samping Kolam Renang Tirta Daroy. Di sana, tim KPK menggeledah beberapa ruangan yang dimulai sekira pukul 11.00 WIB.

Pegawai dinas tersebut yang tidak ingin namanya disebutkan, kepada Serambi mengatakan, tim KPK datang sekira pukul 10.30 WIB. “Sekitar setengah sebelas mereka masuk dan langsung ditutup semua. Pintu pagar juga, kami yang mau keluar harus titip KTP,” katanya.

Tidak satu pun diizinkan masuk ke gedung B Disdik Aceh, kecali hanya untuk mengambil kendaraan yang terparkir di dalam. Pintu masuk terlihat ditutup rapat, sejumlah polisi berseragam lengkap juga ikut berjaga-jaga di gedung itu. Ramainya awak media yang memantau proses penggeledehan itu juga sempat menarik perhatian pengguna jalan.

Penggeledehan di gedung Disdik Aceh selesai pukul 14.20 WIB. Tim KPK terlihat keluar dengan membawa koper yang diduga berisikan dokumen-dokumen penting hasil penggeledahan. Seroang pejabat setingkat kepala bidang (kabid) juga terlihat keluar bersama tim KPK dan polisi berseragam lengkap.

Tim KPK yang keluar dari gedung langsung masuk ke mobil dan mobil yang membawa ‘pasukan’ antirasuah tersebut keluar beriringan. Tercatat paling tidak ada enam mobil.

Dokumen Rp 1,5 Triliun
Selain Disdik, KPK juga menggeledah ruangan di Dinkes Aceh, Jalan Tgk Syech Mudawali, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Namun, penggeledahan di Dinkes Aceh luput dari perhatian media.

Jubir KPK, Febri Diansyah dalam keterangan tertulisnya mengatakan, KPK terus menemukan bukti-bukti yang semakin kuat tentang dugaan suap terkait alokasi anggaran DOK Aceh. “Sejak pukul 10.00 WIB (Rabu, 11 Juli 2018), penyidik KPK melakukan penggeledahan di Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Aceh,” tulis Febri.

Menurut Febri, di Dinkes Aceh penyidik KPK menemukan dokumen-dokumen proyek yang total Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) mencapai Rp 1,15 triliun. “Sejauh ini ditemukan dokumen-dokumen proyek seperti dokumen pelaksanaan anggaran Dinas Kesehatan Aceh dengan nilai Rp 1,15 T,” pungkas Febri.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help