Tafakur

Ujian Kehidupan

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta

Ujian Kehidupan

Oleh: Jarjani Usman

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar” (QS. Al Baqarah: 155).

Terkadang kita lalai dalam hidup yang singkat ini. Lalai dalam mengejar harta benda dan angan-angan panjang. Lalai yang berakibat buruk terhadap persiapan kehidupan akhirat yang abadi, yang setiap insan pasti akan menuju ke sana. Saat sedang lalai, sebahagian kita kadangkala diberikan ujian dengan sedikit ketakutan, kekurangan harta dan sejenisnya, agar kembali terjaga dan segera membetulkan langkah di jalan yang dirizai Allah.

Sungguh sangat beruntung jika pada saat diuji, kita menyadarinya sebagai suatu ujian yang harus dilalui dengan sangat sabar dan hati-hati. Karena itu, perlu mengingatkan diri bahwa Allah bermaksud baik terhadap kita hamba-hambaNya. Mengingatkan diri untuk senantiasa berbaik sangka kepada Allah adalah suatu sikap yang tidak boleh tidak diutamakan.

Apalagi setiap ujian berada dalam taraf kesanggupan seseorang hamba. Allah sudah memastikan itu, sebagaimana firmanNya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (QS. Al Baqarah: 286).

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved