PKA 7

Mengembalikan Wanginya ‘Brueh Sigupai”

BUPATI Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim memiliki impian besar bagi kemajuan daerahnya

Mengembalikan Wanginya ‘Brueh Sigupai”
Akmal Ibrahim, Bupati Abdya

BUPATI Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim memiliki impian besar bagi kemajuan daerahnya. Ia ingin merengkuh kejayaan Abdya, melalui berbagai program bidang pertanian, perkebunan, kebudayaan, dan pariwisata. Pekan lalu, bupati nyentrik dan berpikiran futuristik ini, menerima Rahmat Saputra dari Serambi Indonesia.

Ia menceritakan banyak hal, terutama semangat mengembalikan identitas budaya Abdya, dan tentu saja segudang rencana memajukan daerah. Ia ingin ajang PKA memberi dampak besar bagi masyarakat. Berikut petikan percakapan yang berlangsung selepas Isya, di Pendopo Bupati Abdya.

Pekan Kebudayaan Aceh 7 (PKA7), kegiatan kebudayaan sangat besar di Aceh. Tentu memiliki daya pesona luar biasa. Nah, menurut Anda, apa arti PKA bagi daerah yang Anda pimpin ini?

Ini sebagai ajang mempromosikan potensi kebudayaan di daerah,.Khususnya kebudayaan peninggalannenek moyang kita, selama ini luput dari ingatan generasi muda. Bagi Abdya, PKA ini sebuah momen membangkitkan perekonomi rakyat, yang selama ini sudah bergelut, menghasilkan pundi-pundi uang, baik dari produk unggulan home industri maupun kerajinantangan.

Sebagai sebuah momentum budaya, tentu Abdya sudah mempersiapkan diri. Apa saja yang diunggulkan dalam PKA 7 ini?

Ada beberapa cabang yang menjadi unggulan kita, seperti seni budaya Rapa’i Geleng, hikayat, adat perkawinan serta pameran budaya dan ada beberapa kategori yang menjadi bidang kita. Persiapan yang kita sudah lakukan, berdasarkan hasil evaluasi seluruh bidang, Alhamdulillah sudah mencapai 60 persen. Insya Allah pada H - 3 kita tuntaskan semuanya.

Apa harapan Anda dalam PKA ini dan PKA-PKA berikutnya?

Harapan kita tentu denganya PKA ini mengajak mayarakat Abdya selalu mempertahankan dan menjaga adat istiadat, karena ini sebagai ajang mengingat kembali bahwa kita, memiliki sejuta budaya. Selain itu, diharapkan PKA kedepan lebih baik lagi, sehingga kita tampil maksimal dan menjadi yang terbaik.

Menurut Anda, bagaimana seharusnya PKA dikelola, sehingga menjadi even benar benar memberi dampak bagi pengembangan kebudayaan di daerah yang Anda pimpin ini?

Kebudayaan bisa kita kelola dengan baik, jika para pelaku budaya bekerjasama dengan pemerintaha. . Salah satu caranya, kebudayaan masuk dalam kurikulum sekolah. Sehingga, generasi kita paham dan tahu dan tetap menjaga budayanya.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help