Baitul Mal Bangun Rumah Korban Kebakaran

Sejumlah rumah yang terbakar di Bireuen sejak Januari hingga pertengahan Juli ini, sedang dalam proses pembangunan

Baitul Mal Bangun Rumah Korban Kebakaran
SERAMBINEWS.COM/ YUSMANDIN IDRIS
Damkar Bireuen, Minggu (8/7/2018) sedang memadamkan sisa api di bengkel yang terbakar di Desa Geurugok, Gandapura, Bireuen. 

BIREUEN - Sejumlah rumah yang terbakar di Bireuen sejak Januari hingga pertengahan Juli ini, sedang dalam proses pembangunan dengan memanfaatkan dana zakat Baitul Mal Bireuen. Rumah tersebut ada yang sudah rampung dan diserahterimakan kepada pemiliknya, namun ada juga yang masih dalam proses pembangunan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Baitul Mal Bireuen, Anwar SAg kepada Serambi, Jumat (13/7). Anwar menyebutkan, sebanyak 10 unit rumah terbakar di Bireuen dalam tahun ini. Di Kecamatan Peusangan, jelasnya, dari empat unit yang terbakar, dua sedang dikerjakan, sisa dua lainnya dalam proses melengkapi berkas administrasi.

Untuk Kecamatan Juli, ucap dia, dua unit juga masih dalam proses pembangunan. “Demikian juga dua unit di Jeunieb yang sedang dikerjakan, dan satu unit di Kota Juang hampir selesai. Sedangkan di Kutablang sudah selesai dikerjakan,” ujarnya. Selain itu, beber dia, ada dua unit rumah warga miskin di Samalanga dan Kota Juang, yang proses pembangunannya hampir selesai.

Menyangkut rumah rusak akibat angin kencang beberapa hari lalu, jelas Anwar, permohonannya ada yang sudah masuk ke Baitul Mal Bireuen, namun belum dibahas. Tim Baitul Mal, ungkap dia, akan rapat terlebih dahulu untuk membicarakan langkah bagaimana penanganan dan bantuan terhadap para korban angin kencang tersebut.

“Setiap korban musibah baik kebakaran atau angin puting beliung serta warga miskin, akan dibantu dengan catatan mereka mengajukan permohonan ke Baitul Mal Bireuen. Dari permohonan tersebut, tim akan melakukan verifikasi ke lapangan dan nantinya diputuskan dalam rapat lengkap dan disampaikan ke Bupati Bireuen. Jika, verifikasi dan keputusan rapat dinyatakan layak dibantu, maka Baitul Mal segera melaksanakan tanggung jawab tersebut,” tegasnya.

Ditambahkan Anwar, sumber dana zakat, infaq, dan sadaqah (ZIS) yang diperoleh Baitul Mal Bireuen, tidak seluruhnya untuk membangun rumah. Tapi, ada juga yang diperuntukkan untuk kelompok penerima lainnya mulai dari beasiswa sampai kepada bantuan fakir miskin.(yus)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help