Banda Aceh Kembali Juara Umum Porseni

Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) XVI dan Expo Madrasah V, 8-14 Juli 2018 resmi ditutup, Jumat (13/7) malam di Lapangan

Banda Aceh Kembali  Juara Umum Porseni
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Dr H A Umar, didampingi Kepala Kanwil Kemenag Aceh Drs H Muhammad Daud Pakeh, Wali Kota Subulussalam, Merah Sakti, dan pejabat lain melepas merpati dalam pembukaan Porseni ke-16 dan Expo Madrasah ke-5 Kementerian Agama Provinsi Aceh, Senin (9/8/2018). 

SUBULUSSALAM - Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) XVI dan Expo Madrasah V, 8-14 Juli 2018 resmi ditutup, Jumat (13/7) malam di Lapangan Beringin Pusat Kota Subulussalam. Banda Aceh yang pada Porseni XV di Takengon, Aceh Tengah pada 2016 meraih juara umum, kali ini kembali meraih juara umum.

Penyerahan piala dan piagam penghargaan oleh Wali Kota Subulussalam, H Merah Sakti kepada perwakilan kontingen Kota Banda Aceh. Porseni itu diikuti 5.618 peserta yang mempertandingkan 90 cabang olahraga dan seni.

Banda Aceh berhasil meraih juara umum setelah meraih 19 emas, delapan perak dan sepuluh perunggu. Peringkat kedua ditempati Pidie Jaya yang memperoleh 12 emas, delapan perak, dan empat perunggu. Sedangkan peringkat ketiga ditempati Pidie dengan perolehan sembiloan emas, tujuh perak, dan lima perunggu. Sedangkan untuk ajang Expo Madrasah juara pertama diraih Aceh Tengah, juara kedua Banda Aceh dan peringkat ketiga ditempati Pidie.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Subulussalam atas suksenya menjadi tuan rumah. Menurutnya, selama kegiatan berlangsung peserta merasa aman dan nyaman.

“Semoga semangat Porseni dan Expo Madrasah di Kota Subulussalam ini akan membangkitkan semangat siswa dan siswi madrasah serta karyawan/karyawati Kementerian Agama untuk terus berpacu menuju kesuksesan,” ujar Daud Pakeh.

Selain itu, Daud Pakeh menyebutkan bahwa Porseni Subulussalam itu berjalan dengan tertib dan lancar serta tetap menjunjung tinggi semangat sportivitas. Dikatakan, prestasi yang diukir oleh anak-anak madrasah itu merupakan hasil dari pembinaan bersama antara Kementerian Agama dengan pemerintah daerah dalam membangun dan mencerdaskan anak bangsa.

Sementara Wali Kota Subulussalam, Merah Sakti mengatakan, pelaksanaan kegiatan Porseni itu ikut memberi dampak besar kepada Subulussalam. Sehingga atlet dan seniman yang selama dibina secara berkesinambungan dapat teruji dalam kompetisi itu. Sehingga dengan pembinaan yang baik, akan melahirkan atlet dan pelaku seni tingkat daerah, nasional, hingga internasional.

Ia menambahkan, satu hal yang dapat diambil hikmahnya oleh pelaku seni dan olahraga di Porseni kali ini. Bahwa peserta yang paling siaplah yang akan menjadi juara, yaitu latihan keras, disiplin tinggi, berdedikasi, hingga dilatih secara profesional. (mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help