Dewan Sorot Jembatan Kubang

Jembatan Kubang di Kecamatan Indra Jaya, Pidie, yang merupakan salah satu jalur transportasi menuju ke Kecamatan Mila

Dewan Sorot Jembatan Kubang
Ketua Komisi C DPRK, Isa Alima memperhatikan jembatan Kubang, Kecamatan Indra Jaya, Pidie sedang diperbaiki, Jumat (13/7).SERAMBI/NUR NIHAYATI 

* Tak Bisa Dilintasi

* Menjelang MTQ

SIGLI - Jembatan Kubang di Kecamatan Indra Jaya, Pidie, yang merupakan salah satu jalur transportasi menuju ke Kecamatan Mila, hingga kini belum selesai diperbaiki. Akibatnya, warga belum dapat melintasi jembatan ini menuju ke lokasi arena Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Mila.

MTQ ke-35 tingkat kabupaten di Mila itu akan berlangsung pada 21-28 Juli 2018. “Nah, ini perbaikan jembatan harus segera diburu, karena event MTQ tinggal beberapa hari lagi,” kata Ketua Komisi C DPRK Pidie Isa Alima, Jumat (13/7).

Isa menyebutkan, jembatan Kubang merupakan salah satu sarana penyeberangan vital menuju ke Mila. Sedangkan jembatan satu lagi di Gle Gapui ke arah Mila kondisinya mulai ‘patah pinggang’ sehingga warga pun waswas melewatinya saban hari.

“Kondisi ini sangat disayangkan. Seharusnya panitia MTQ maupun instansi terkait berupaya keras mempersiapkan sarana dan prasarana yang cukup baik untuk perhelatan event di tingkat kabupaten itu,” tandasnya.

Selama ini, warga di Kecamatan Mila tetap melewati lintasan itu melalui sebuah jembatan darurat yang dibuat di sisi jembatan Kubang. Cuma, sebagai jembatan darurat, kondisi ini tidak bisa berlangsung lama. Daya tahan beban pun terbatas.

Oleh karena itu, Pemkab Pidie diminta segera membenahi fasilitas umum di daerah tersebut. “Jangan sampai penggelaran MTQ untuk menyemarakkan syiar agama, malah mengundang bahaya maut saat warga melewati jembatan,” tuturnya.

Butuh Waktu Sepekan
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pidie, Muhammad Nazar MT yang ditanyai Serambi secara terpisah mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu tujuh hari lagi sehingga jembatan Kubang selesai diperbaiki.

Dia mengaku optimis sebelum hari H pelaksanaan MTQ, jembatan Kubang sudah bisa dilewati. “Kami memohon kesabaran masyarakat. Petugas kami terus berada di lokasi memburu perbaikan jalan secepat mungkin,” tandas Muhammad Nazar. (aya)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help