Kodim 0101 Panen Jagung

Kodim 0101/BS melaksanakan panen jagung varietas P35 di lahan seluas 18 hektare dari 40 haktera, di Gampong Meunasah Teunong

Kodim 0101 Panen  Jagung
Dandim 0101/BS Kolonel Iwan Rosandriyanto bersama unsur Forkompinda Aceh Besar serta pihak Pioneer Indonesia melaksanakan panen jagung varietas P35 di Gampong Meunasah Tunong, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, Jumat (13/7). SERAMBI/MISRAN ASRI 

JANTHO - Kodim 0101/BS melaksanakan panen jagung varietas P35 di lahan seluas 18 hektare dari 40 haktera, di Gampong Meunasah Teunong, Kemukiman Lamkabeu, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar, Jumat (13/7) pagi. Panen raya jagung itu bekerja sama dengan Pioneer Indonesia.

Dandim 0101/BS, Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto SIP menjelaskan pelaksanaan panen raya jagung bersama itu bertujuan merangsang semangat masyarakat. Karena jagung, merupakan salah satu produk unggulan di Kementerian Pertanian, selain padi dan kedelai. “Jagung menjadi satu dari tiga produk unggulan program prioritas di Kementrerian Pertanian,” ujarnya.

Ia menyebutkan tahun 2017 lalu, Indonesia sudah bisa mengekspor beras, disusul jagung yang dalam proses. Hal itu harapnya dapat mendorong seluruh petani, untuk memanfaatkan lahannya dalam mengembangkan tanaman pangan bermanfaat, di samping padi dan kedelai. “Kami dari TNI bersama stakeholder siap selalu memberikan pendampingan kapan saja kepada masyarakat agar lebih giat. Jangan hanya sebatas jargon `tingkatkan..’. Tapi, ada aksi nyata yang kita lakukan di lapangan,” pungkasnya.

Ia pun menjelaskan varietas P35 yang bibitnya dibantu Pioneer Indonesia, itu memiliki kualitas tinggi serta harga jual yang sangat bagus. “Panen jagung ini diharapan mendorong petani bisa mencari varietas serta alternatif lain, tidak harus selalu fokus pada tanaman padi,” ungkap Kolonel Iwan.

DSM Pioneer Indonesia, Erwin Batubara, menjelaskan Aceh Besar sangat potensial dan Pioneer siap membantu. “Aceh Besar ini sangat potensial, dari segi lahannya luas dan subur, kami optimis kabupaten ini bila dikembangkan bisa menjadi central penanaman jagung. Intinya ada tidak keinginan dari petaninya memanfaatkan lahannya,” ujar Erwin. Hadir Plt Kadistan Aceh Besar Efendi, sejumlah kapolsek serta Danramil jajaran Kodim 0101/BS.(mir)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved