Nova Minta Ulama Menjaga Kondusivitas Masyarakat

SEMENTARA itu, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT, mengapresiasi terlaksananya kegiatan Muzakarah

Nova Minta Ulama Menjaga Kondusivitas Masyarakat
SERAMBI/HARI MAHARDHIKA
Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT, mengapresiasi terlaksananya kegiatan Muzakarah Ulama Tauhid Sufi Internasional 2018 di Banda Aceh.SERAMBI/HARI MAHARDHIKA 

SEMENTARA itu, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT, mengapresiasi terlaksananya kegiatan Muzakarah Ulama Tauhid Sufi Internasional 2018 di Banda Aceh yang dimulai tadi malam.

Ia juga sepakat bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dalam rangka memperkuat ukhuwah islamiah, baik antara umara dengan ulama, ulama dengan ulama, maupun antara umara, ulama, dengan umat.

“Silaturahmi dan ukhuwah islamiah menjadi sangat penting artinya di tengah-tengah fitnah yang melanda umat Islam yang semakin sulit diredam, baik yang terjadi akibat kesalahan kita sendiri ataupun akibat perbuatan orang lain. Sebagai umat Islam kita perlu mengingat kembali pesan-pesan penting dalam warisan Rasulullah saw, yaitu Alquran dan assunnah,” kata Nova.

Nova juga mengatakan, kehadiran ulama, terutama ulama-ulama Aceh dalam even muzakarah tersebut diharapkan dapat membawa dampak positif bagi keberlangsungan semua segmen di Aceh. “Kita berharap ulama kita turut berperan aktif dalam menjaga kondusivitas kehidupan masyarakat, karena ulama kerap menjadi panutan di lingkungannya masing-masing dan memiliki pengaruh besar terhadap kondisi sosial masyarakat setempat,” kata Nova.

Kondusivitas yang ia maksud adalah varian dari kata kondusif yang artinya memberi peluang pada hasil yang diinginkan yang bersifat mendukung.

Untuk itu, Nova yang baru beberapa hari menjabat sebagai Plt GubernurAceh juga meminta doa dan dukungan dari para ulama dan seluruh masyarakat Aceh, agar pemimpin-pemimpin di Indonesia khususnya pemimpin Aceh selalu diberi kesehatan, keselamatan, dan kebijaksanaan dalam memimpin pemerintahan, sehingga dapat mengantarkan masyarakat ke arah yang lebih makmur, adil, dan sejahtera.

“Termasuk kita doakan Bapak Gubernur kita, Pak Irwandi Yusuf agar dimudahkan semua cobaan yang dihadapinya,” kata Nova.

Ia juga berharap, Muzakarah Ulama Tauhid Sufi ini akan membuka cakrawala berpikir masyarakat Aceh tentang literasi pemahaman tasawuf dan sejarah perkembangannya, serta mencari solusi penyelesaian atas berbagai permasalahan sosial masyarakat muslim saat ini, seperti penyalahgunaan narkoba, radikalisme, pornografi, dekadensi moral, LGBT, dan lain-lain dengan pendekatan tauhid sufi.

“Upaya ini dipastikan akan menjadikan umat Islam tidak hanya besar dalam kuantitasnya akan tetapi juga dalam kualitas keislaman dan ketauhidannya. Selamat bermuzakarah, kepada semua narasumber terima kasih saya ucapkan atas waktu dan kesempatan berhadir untuk mencurahkan ilmunya,” pungkas Nova Iriansyah. (dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved