Rendah, Kehadiran Apel ASN di Tamiang

Tujuh bulan setelah Bupati Aceh Tamiang menginstruksikan perlunya menjaga kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN)

Rendah, Kehadiran  Apel ASN di Tamiang
IST
Ilustrasi ASN 

KUALASIMPANG - Tujuh bulan setelah Bupati Aceh Tamiang menginstruksikan perlunya menjaga kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) Aceh Tamiang, kini kedisiplinan PNS malah semakin menurun. Hasil inspeksi inspektorat Tamiang, rata-rata kehadiran apel hanya sebesar 50 persen.

Kepala Inspektorat Aceh Tamiang, Drs Asra kepada Serambi, Jumat (13/8) mengatakan, inspeksi mendadak yang dilakukan Inspektorat Tamiang berdasarkan perintah bupati yang meminta dipantau kedisiplinan PNS saat apel pagi. Mereka menurunkan tim ke setiap SKPK yang ada di lingkungan Pemkab Tamiang.

Seperti inspeksi yang dilakukan saat pengajian rutin pada Kamis (12/7) di 30 SKPK yang ada, dari jumlah ASN sebanyak 2.265 orang, yang hadir hanya 1.255 orang. Sisanya tidak hadir dengan keterangan sakit, cuti, dan dinas luar. ”Kondisi ini sangat memprihatinkan karena ada sekitar 500 orang lebih tanpa keterangan,” ujarnya.

Dia menyontohkan Dinas Pekerjaan Umum dengan jumlah PNS 124 orang, yang hadir hanya 63 orang. Begitu juga dengan Sekretariat DPRK, jumlah pegawai 122 orang, sedangkan yang tidak hadir sebanyak 26 orang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dari 105 jumlah pegawai, yang hadir hanya 19 orang. Sementara BPKSD, dari jumlah pegawai 67 orang, yang tidak hadir 21 orang.

Asra menambahkan, instruksi Bupati yang harus dilaksanakan para ASN bukan perintah “cilet-cilet” dan “hangat-hangat taik ayam”.

Terkait dengan pemberian sanksi terhadap ASN ini, Bupati akan memantau kedisiplinan terlebih dahulu. “Dalam tahun ini semua permasalahan ini akan diketahui sehingga Bupati dapat mengambil langkah-langkah bijak selaku pembina ASN itu sendiri di Aceh Tamiang ,” ujar Asra.

Pihaknya berharap agar kepala SKPK terus melakukan pembinaan, merangkul terhadap bawahannya dan kompak dalam bekerja, sehingga produktifitas ASN dapat dirasakan langsung warga, terutama yang berkaitan dengan pelayanan terhadap warga itu sendiri. (md)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved