Dirut Balai Pustaka Serahkan Penghargaan kepada Peserta Sanggar Sastra

"Penghargaan ini dimaksudkan sebagai motivator peserta lainnya untuk lebih meningkatkan karya,"

Dirut Balai Pustaka Serahkan Penghargaan kepada Peserta Sanggar Sastra
Pertunjukan anggota Sanggar Sastra Balai Pustaka pada malam Apresiaasi Sanggar Sastra di Balai Pustaka, Sabtu (14/7/2018). 

Laporan Fikar W.Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Peserta Sanggar Sastra Balai Pustaka, menerima penghargaan Balai Pustaka, yang diserahkan Dirut PT. Balai Pustaka, Achmad Fachrodji pada Malam Parade Apresiasi Sastra, Sabtu (14/07/2018) malam.

"Penghargaan ini dimaksudkan sebagai motivator peserta lainnya untuk lebih meningkatkan karya," kata Ahmad Fachrodji.

Peserta yang diberi penghargaan mewakili beberapa kategori, yaitu Bapak Didi dan Ibu Elis (mewakili guru),
Baby Sarah, peserta termuda siswa SMP, dan Ahmad Khoeri peserta paling aktif mewakili mahasiswa bersama Devita dan Siwi.

Parade Apresiasi Sastra menampilkan peserta kelas deklamasi, kelas musikalisasi puisi, kelas teater, dan monolog dan karya kelas penulisan.

Baca: Songsong PKA 7, Seniman Aceh, Juru Bicara Hingga Kepala BPBA Berpuisi dan Bernyanyi

"Saya berharap Sanggar Sastra bisa terus memberi ruang bagi kami yang ingin berlatih dan belajar sastra lebih dalam dan tidak hanya selesai sampai pelatihan saja," ujar Devita, peserta kelas deklamasi.

"Ini adalah ilmu di luar pelajaran sekolah yang sangat bermanfaat bagi saya, sehingga saya bisa lebih kreatif, mentor-mentor pun sangat dekat, tanpa sekat berbagi ilmu dan pengalaman berkarya mereka," sahut Taufiq Nugroho peserta kelas teater, saat memberikan kesannya.

"Baru kali ini saya belajar dan paham bagaimana mencari nada dan menyatukan teks puisi serta bekerja sama dalam satu tim yang baru saya kenal," kata Elissa dari kelas musikalisasi puisi.

Parade Apresiasi Sastra itu dihadiri penulis muda milenial Yasmin, perwakilan BUMN, karyawan Balai Pustaka serta komunitas sastra Jakarta, Depok, Bekasi dan Bogor.

Kegiatan Sanggar Sastra Balai Pustaka ini didukung oleh PT. Pegadaian.

Komunitas Musikalisasi Puisi Indonesia (KOMPI) penyelenggara SanggarSastra, berharap kegiatan seperti ini akan terus menjadi 'virus' positif di ruang kreatif bagi komunitas-komunitas sastra di Indonesia.

Baca: Kunjungan Kerja ke Aceh, Pimpinan PURT-DPD RI Turut Bahas Persiapan PKA VII

"Kedepan kami akan coba rambah daerah-daerah yang telah menjadi keluarga besar KOMPI yang tersebar di 22 provinsi dan 16 kabupaten kota di Indonesia," kata Devie Komala Syahni dari KOMPI.

Ia mengharapkan adanya sinergitas antara KOMPI dan Balai Pustaka melalui Sanggar Sastra Balai Pustaka dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) memajukan sastra di Tanah Air.

Sanggar Sastra Balai Pustaka kembali akan menerima siswa baru yang tergabung dalam angkata III.

"Ya, kita akan buka kembali untuk angkatan berikutnya, semoga para mentor terus bisa menginspirasi," kata Huriyani dari Balai Pustaka.(*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved