Kupi Beungoh

Piala Dunia Rasa Pilpres

Salah satu fakta unik yang terjadi pada final piala dunia 2018 adalah kompaknya 2 pemain Barcelona dan Real Madrid.

Piala Dunia Rasa Pilpres
Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic dan Presiden Prancis Emmanuel Macron berada di Stadion Luzhniki di Moskwa, Rusia, Minggu (15/7/2018). (AFP/Odd Andersen) 

Oleh Munawar AR

Piala Dunia 2018 sudah berakhir. Prancis memastikan diri menjadi juara Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kroasia 4-2 dalam laga final, Minggu (15/7/2018) malam WIB, di Luzhniki Stadium, Moskow.

Gol-gol skuat besutan Didier Deschamps datang dari bunuh diri Mario Mandzukic, gol Antoine Griezmann, Paul Pogba, dan Kylian Mbappe. Sementara dua gol Kroasia dibuat oleh Ivan Perisic dan Mario Mandzukic.

Gelar bergengsi ini menjadi yang kedua bagi Les Bleus setelah menggapainya pada 1998. Sedangkan Kroasia juga berhasil melampaui torehan terbaiknya pada 1998 yang finis sebagai peringkat 3.

Tidak hanya maju di bidang olahraga, Prancis juga maju bidang mode/fashion. Banyak artis-artis, pengusaha, politisi yang punya kelebihan finansial berliburan, berbelanja pakaian ke negara mode tersebut.

(Baca: Jelang Final Piala Dunia 2018 Lawan Kroasia, Inilah 10 Fakta Penting Timnas Prancis)

Indonesia harus optimis untuk menembus Piala Dunia 2022 atau 2027 dengan terus melakukan pembenahan mulai dari sejak dini, agar harapan Indonesia bisa menembus hajat sepakbola terbesar dunia ini.

Tidak perlu muluk-muluk, kita bisa belajar dari persepakbolaan negara-negara di Asia, seperti Korsel dan Jepang yang konsisten bermain di Piala Dunia. Mendirikan sekolah-sekolah sepakbola (SSB), mendatangkan pelatih berkualitas dan pembinaan secara terus menerus.

Hastag  #2018GantiJuara

Saat penghuni planet Bumi sedang mulai demam Piala Dunia, sebagian masyarakat Indonesia sedang disibukkan dengan hastag-hastag politik, seperti hastag #2019Gantipresiden yang menggema kemana-mana, bahkan menjadi single nada sambung.

Gerakan yang semakin viral ini kemudian mendapat balasan dari lawan politiknya dengan hastag #Diasibukkerja, semua persepsi seakan benar menurut masing-masing kubu.

Halaman
123
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved