Politisi PA Ramai Daftar ke Parnas

Politisi Partai Aceh (PA) yang saat ini masih menjabat anggota DPRA ramai-ramai mendaftarkan diri ke sejumlah partai nasional

Politisi PA Ramai Daftar ke Parnas
BAKAL calon anggota legislatif mengikuti tes baca Alquran yang dilaksanakan oleh KIP Aceh di Asrama Haji, Banda Aceh, Senin (16/7/2018 SERAMBI/M ANSHAR 

* Untuk Raih Kursi DPR RI

BANDA ACEH - Politisi Partai Aceh (PA) yang saat ini masih menjabat anggota DPRA ramai-ramai mendaftarkan diri ke sejumlah partai nasional (parnas) karena ingin bertarung sebagai bakal calon anggota (bacalg) DPR RI pada pemilu legislatif tahun depan.

Tujuan mereka mendaftarkan dirinya sebagai bacaleg DPR RI ke berbagai parnas adalah untuk bisa meraih sebanyak banyaknya atau “memborong” kursi DPR RI di Senayan pada pemilu legislatif yang dilaksanakan bersamaan dengan pemilihan presiden pada 17 April 2019.

Anggota PA yang menempuh jalur ini karena sudah dua periode duduk di DPRA, antara lain adalah Tgk Muharuddin. Ia kini menjabat Ketua DPRA. “Untuk bacaleg DPR RI saya gunakan Partai Nasdem,” ungkap Muharuddin kepada Serambi di Gedung DPRA, Senin (16/7).

Kemudian, Abdullah Saleh SH yang juga sudah lebih dua periode duduk sebagai anggota DPRA. Dua periode sebelumnya ia naik ke DPRA menggunakan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), namun sejak tahun 2007 2014 dan 2014 2019 Abdullah Saleh bergabung ke PA untuk meraih kursi DPRA dari daerah pemilihan (Dapil) X. Jabatan Abdullah Saleh sekarang ini sebagai Ketua Badan Legislasi DPRA.

Untuk bacaleg DPR RI, Abdullah Saleh menyatakan maju melalui Partai Gerindra. Kemudian, Azhari Cagee yang juga masih sebagai anggota DPRA. Ia sudah dua periode duduk di kursi dewan dan jabatannya sekarang sebagai Ketua Komisi I DPRA yang membidangi pemerinthan, politik, hukum, pers, dan lainnya. Untuk naik ke DPR RI, ia menggunakan Partai Bulan Bintang (PBB) sebagaia kendaraan politiknya.

Berikutnya Tgk Anwar Ramli, juga sudah dua periode duduk sebagai anggota DPRA dan jabatannya kini sebagai Ketua Komisi IV yang membidangi infrastruktur dan lingkungan hidup. Untuk naik ke DPR RI, Anwar menggunakan Partai Nasdem.

Partai Nasdem sepertinya menjadi pujaan bagi anggota legislatif dari PA untuk melangkah dan menginjakkan kakinya di Gedung Senayan, Jakarta. Selain Tgk Muharuddin dan Tgk Anwar Ramli yang menggunakan Partai Nasdem, masih ada politisi PA yang kini menjabat Ketua Komisi III DPRA yang membidangi keuangan, BMUN/BUMD, dan lainnya, yaitu Effendi. Ia juga menggunakan Partai Nasdem untuk melangkah ke DPR RI.

Selain Partai Nasdem, Gerindra, dan PBB yang menjadi sasaran politisi PA untuk maju selama lima tahun ke depan di Gedung DPR RI, masih ada beberapa politisi PA yang ingin melakukan hal yang sama, yakni mendaftarkan dirinya sebagai bacaleg DPR RI menggunakan Partai Demokrat. Dia adalah Kautsar.

Sebelum menjadi anggota Komisi III DPRA, Kautsar pernah ditunjuk menjadi Ketua Fraksi Partai Aceh oleh partainya. Setelah ada perubahan kepengurusan alat kelengkapan dewan 2,5 tahun, ia pun diganti.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved