Luar Negeri

Pemimpin Korut dan Korsel Bakal Bertemu Donald Trump di New York

Ketua Korea Utara Kim Jong-un tampaknya menerima undangan dari Trump untuk mengunjungi AS, ketika pertemuan di Singapura bulan lalu.

Pemimpin Korut dan Korsel Bakal Bertemu Donald Trump di New York
Kevin Lim/The Straits Times via Anadolu Agency
Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berbicara kepada media usai menandatangani kesepakatan terkait denuklirisasi, dalam pertemuan bersejarah di Singapura, Selasa (12/6/2018). 

SERAMBINEWS.COM, SEOUL - Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha telah mengisyaratkan para pemimpin kedua Korea dapat bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di sela-sela Sidang Umum PBB di New York September ini.

Ini akan menandai pertemuan puncak trilateral pertama mereka, serta kunjungan belum pernah dilakukan sebelumnya oleh pemimpin Korea Utara ke AS.

Berbicara kepada wartawan selama kunjungannya ke Inggris, Kang mengatakan: "Kami tidak dapat mengesampingkan (kemungkinan KTT trilateral)," menurut komentar yang disampaikan oleh kantor berita lokal Yonhap pada hari Kamis (19/7/2018).

Ketua Korea Utara Kim Jong-un tampaknya menerima undangan dari Trump untuk mengunjungi AS ketika pasangan itu mengadakan pertemuan denuklirisasi di Singapura bulan lalu.

(Baca: Indonesia Siap Melawan Ancaman Trump)

(Baca: Usai Bertemu Donald Trump, Kim Jong Un Bakal Hancurkan Situs Uji Coba Rudal Utama Korea Utara)

Tapi kritikus telah mempertanyakan komitmen Pyongyang untuk melepaskan nuklirnya mengingat kurangnya kemajuan sejak pertemuan Trump-Kim pada 12 Juni.

Kang bersikeras tujuan denuklirisasi lengkap Korea Utara adalah "tidak bisa dilupakan," bahkan jika itu membutuhkan waktu - menggemakan pengakuan baru-baru ini oleh Trump bahwa ada "tidak ada batasan waktu" untuk Korea Utara.

Dia menambahkan bahwa upaya diplomatik akan dilakukan terhadap ambisi besar lainnya di semenanjung - mendeklarasikan akhir resmi Perang Korea 1950-53 dalam tahun ini, seperti yang disepakati selama pertemuan antar-Korea bulan April.(Anadolu Ajansi)

Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved