Pengungsi Rohingya Direlokasi ke Langsa

Sebanyak 79 jiwa pengungsi etnis Rohingya yang selama ini ditampung di Kompleks Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)

Pengungsi Rohingya Direlokasi ke Langsa
PENGUNGSI Rohingya berdoa usai melaksanakan shalat di Kompleks SKB Cot Gapu, Bireuen, Sabtu (26/5). 

* Plt Gubernur Surati Wali Kota Langsa

BIREUEN - Sebanyak 79 jiwa pengungsi etnis Rohingya yang selama ini ditampung di Kompleks Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Bireuen sejak akhir April 2018 lalu, dipastikan akan segera direlokasi (dpindahkan) ke Langsa. Bahkan, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah sudah mengirim permohonan untuk penampungan mereka kepada Wali Kota Langsa, Usman Abdullah SE alias Toke Seum.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi kepada Serambi, Rabu (18/7) kemarin. Wabup menyatakan, relokasi pengungsi Rohingya tersebut memang harus dilakukan, karena SKB akan banyak kegiatan pemerintahan dan juga proyek rehabilitasi gedung. Untuk memuluskan rencana pemindahan ini, ungkap Muzakkar, beberapa hari lalu, Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah sudah mengirim surat ke Wali kota Langsa, Usman Abdullah dengan tembusannya dikirim ke Pemkab Bireuen. Plt Gubenur, ulasnya, juga telah meminta Wali Kota Langsa, untuk segera mempercepat relokasi para pengungsi etnis Rohingya tersebut dari Bireuen ke Langsa.

“Kebijakan relokasi pengungsi ini adalah tindak lanjut rapat koordinasi pada Mei lalu, di Bireuen. Waktu itu, Wali Kota Langsa meminta waktu satu bulan sejak 3 Mei untuk persiapan tempat penampungan, dan Bireuen diminta bersedia menampung mereka hingga lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah,” papar Wabup.

Lebih lanjut, Wakil Bupati (Wabup) Bireuen, Muzakkar A Gani menerangkan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Wali Kota Langsa, Usman Abdullah atau akrab disapa Toke Seum menyangkut kapan mereka akan menjemput para pengungsi. “Atau juga kapan akan mereka bisa diantar ke Langsa, karena Kompleks SKB Cot Gapu segera dipergunakan untuk kegiatan prajabatan para pegawai di lingkungan Pemkab Bireuen, serta beberapa kegiatan lainnya,” pungkas dia.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved