Tafakur

Kesaksian Tubuh

Berbagai cara dilakukan orang untuk menyembunyikan kejahatannya di dunia ini

Kesaksian Tubuh

Oleh: Jarjani Usman

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka, dan tangan-tangan mereka berkata kepada Kami dan kaki-kaki mereka memberi kesaksian terhadap apa yang telah mereka usahakan” (QS. Yasin: 65).

Berbagai cara dilakukan orang untuk menyembunyikan kejahatannya di dunia ini. Makanya (bagi orang pintar pun) dalam memutuskan seseorang bersalah atau tidak, keterangan saksi-saksi sangat diperlukan. Itupun berpeluang menghasilkan kesaksian yang terbatas, karena tidak semua saksi mau atau mampu mengungkapkan persis apa yang terjadi yang sesungguhnya. Berbeda dengan kesaksian seluruh anggota tubuh kita saat mempertanggungjawabkan segala perbuatan sewaktu dunia di akhirat kelak.

Diiingatkan bahwa tak ada sedikitpun yang luput dari kesaksian anggota tubuh terhadap apa saja yang pernah dilakukan sewaktu di dunia. Bayangkan bila seseorang yang dalam hidupnya memilih jalan sesat, sehingga setiap gerakan anggota tubuhnya berada di jalan kemungkaran. Kaki melangkah ke lembah yang penuh dosa. Tangan mengambil yang bukan haknya. Pikiran pun diarahkan untuk memikirkan kejahatan demi kejahatan. Entah berapa kali hal itu terulang dalam sehari, seminggu, sebulan, setahun, dan bahkan seumur hidup.

Sungguh mengerikan dosa yang sangat menyengsarakan harus diemban karena kesalahan hidup di dunia. Padahal hidup di dunia hanya sebentar, tetapi dampak buruknya sangat lama di alam kubur dan akhirat kelak.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved