Patroli BC Tangkap Kapal Angkut Barang Selundupan

Kapal Patroli Kantor Bea Cukai Karimun BC 20008, Rabu (18/7) dini hari mengamankan Kapal Motor (KM) Doa Ibu II

Patroli BC Tangkap Kapal Angkut Barang Selundupan
PETUGAS Bea Cukai mengamankan KM Doa Ibu II karena membawa barang selundupan dari negara Thailand, Kamis (19/7). 

LANGSA - Kapal Patroli Kantor Bea Cukai Karimun BC 20008, Rabu (18/7) dini hari mengamankan Kapal Motor (KM) Doa Ibu II penuh yang mengangkut barang selundupan di perairan Laut Sungai Yu, Aceh Tamiang. Selain menangkap empat Anak Buah Kapal (ABK), petugas juga menyita barang selundupan dari Thailand, yaitu berupa makanan ringan, minyak goreng, mie instan, dan bumbu kemasan.

Ke empat orang yang kini diamankan di Kantor Pengawasan Bea Cukai (KPBC) Type B Kuala Langsa ini, yaitu nahkoda kapal bernama Rinaldi Ardianus dan ABK bernam Rajali, Gustami Anwar, serta Ramli. Semuanya beralamat di Desa Sungai Yu, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang.

“Barang diduga hasil penyelundupan itu diamankan karena tidak memiliki manifes dari luar daerah pabean ke dalam daerah pabean. Atas dasar itulah dilakukan penindakan sesuai dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabean,” kata Zaky, Kasie Penindakan dan Penyelidikan KPBC Tipe B Kuala Langsa, kemarin

Penangkapan KM Doa Ibu II itu terjadi pada Rabu (18/7) malam pukul 22.00 WIB. Saat itu Kapal Patroli Bea Cukai Karimun melihat kapal yang mencurigakan sedang melintas di perairan Sungai Yu, Aceh Tamiang.

“KM Doa Ibu II tak mengindahkan perintah petugas untuk berhenti. Sehingga petugas mengejar dan memberi tembakan peringatan ke udara. Setelah diberi tembakan peringatan, barulah nahkoda KM Doa Ibu II menghentikan kapalnya di perairan Sungai Yu, Aceh Tamiang tersebut,” sebutnya.

Zaky menambahkan, KM Doa Ibu II saat ini dititipkan sementara kepada petugas berwajib di Pelabuhan Kuala Langsa, sambil menunggu pemeriksaan lebih lanjut terhadap nakhoda dan ABK kapal tersebut.(zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved