Rektor UIN Rombak Total Kabinet

Belum genap sebulan menjabat, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, Prof Dr Warul Walidin AK MA

Rektor UIN Rombak  Total Kabinet
Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Warul Walidin Ak MA melantik tiga wakil rektor di lantai tiga gedung rektorat kampus setempat, Senin (16/7/2018) 

BANDA ACEH - Belum genap sebulan menjabat, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, Prof Dr Warul Walidin AK MA langsung melakukan perombakan kabinet kerjanya. Setelah melantik tiga wakil rektor baru pada Senin 16 Juli lalu, kemarin giliran dekan dan wakil dekan di sembilan fakultas yang dia lantik

Bisa disebut, ini perombakan besar yang dilakukan Prof Dr Warul Walidin, karena dirinya mengganti semua dekan, kecuali Dekan Fakultas Psikologi (masih pejabat lama, yakni Prof Dr Eka Srimulyani). Selain sembilan dekan dan para wakil dekan, Prof Warul juga melantik Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry baru serta Wakil Koordinator dan Sekretaris Kopertais Wilayah V Aceh.

Pelantikan berlangsung khidmat dalam upacara pelantikan dan penandatanganan berita acara di Gedung Auditorium Ali Hasjmy kampus itu sekira pukul 15.30 WIB menjelang shalat ashar. Pantauan Serambi, para dekan, wakil dekan yang dilantik kemarin datang mengenakan jas dan peci. Mereka kemudian dipanggil satu per satu, berbaris mengikuti proses pelantikan.

Pelantikan turut dihadiri oleh pejabat lama, pantauan Serambi, hanya beberapa wakil dekan lama yang hadir. Pelantikan itu juga turut dihadiri tiga Wakil Rektor UIN Ar-Raniry, tim senat, guru besar, kepala biro, kepala bagian, para dosen, dan civitas akademika kampus tersebut. Para dekan, wakil dekan, dilantik secara serentak oleh Rektor UIN Ar-Raniry lalu menandatangani berita acara pelantikan.

Mereka yang dilantik kemarin adalah Dr Muhammad Siddiq MH (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum), Dr Muslim Razali SH MAg (Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan), Drs Fuadi MHum (Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat), Dr Fakhri SSos MA (Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi), Dr Fauzi MSi (Dekan Fakultas Adab dan Humaniora), Dr Zaki Fuad MAg (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam), Dr Azhar MPd (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi), Dr Ernita Dewi SAg, MHum (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan), dan Prof Eka Srimulyani MA PhD (Dekan Fakultas Psikologi).

Selain itu, Prof Warul juga melantik Prof Dr H Mukhsin Nyak Umar MA sebagai Direktur Pascasarjana dan Wakil Direktur Pascasarjana Dr Agusni Yahya MA serta Wakil Koordinator Kopertais Wialayah V Aceh, M Chalis SAg Mag dan Sekretaris Kopertais V Marzuki Spd I, Msi dan para wakil dekan satu dan dua. (Baca: Para Wakil Dekan yang Dilantik).

Dalam amanatnya, Rektor Prof Warul menyatakan bahwa proses pemilihan para pejabat yang dilantik tersebut telah melalui penelusuran dan penilaian tim yang dibentuk khusus, dengan mempertimbangkan profesionalitas serta mampu membangun kerja sama dan sinergisitas vertikal dan horizontal di kampus yang dia pimpin tersebut.

Dikatakannya, salah satu ciri profesionalisme adalah menjiwai pekerjaan, karena itu diingatkan agar dapat bekerja dengan penuh kedisiplinan, sungguh-sungguh, ikhlas, dedikasi dan mengutamakan kepentingan lembaga dari pada kepentingan lainnya. “Di samping itu, ciri profesionalitas lainnya adalah bahwa pekerjaan merupakan panggilan hidup, maka bekerjalah dengan semangat aktualisasi diri,” pesan Prof Warul.

Menurut Warul, para dekan dan wakil dekan yang baru dilantik banyak yang masih muda, dengan semangat menimba pengalaman pada yang lebih senior, akan menjadikan semakin sempurna dalam berkiprah mengemban amanah.

“Kepada para dekan dan wakil dekan yang baru, saya berharap bekerjalah secara profesional. Saya menitip harapan, agar UIN lebih baik lagi, lebih berkualitas lagi dan menjadi sentrum peradaban Islam di Indoensia bahkan dunia,” kata Prof Warul Walidin saat diwawancarai usai pelantikan.

Soal perombakan kabinet yang dilakukannya, Warul mengatakan, sebagaimana jabatan wakil rektor, dekan, dan

unit-unit lainnya, mengikuti jabatan rektor. “Saya kira ini jadwal yang baik, sebagaimana statuta bahwa jabatan wakil rektor, dekan, wakil dekan, direktur pascasarjana, dan unit lainnya mengikuti jabatan rektor,” katanya.

Warul yakin, para dekan yang dilantik itu akan mempu menggerakkan kampus yang dipimpinnya ke arah yang lebih baik lagi ke depan. “Kita merektur para tenaga yang dulu pernah menjabat dan punya pengalaman yang luar biasa. Ada juga wajah-wajah baru, ini sebuah energi yang luar baisa, agar lembaga ini menjadi lebih baik lagi, lebih dinamis dan progresif lagi ke depan,” demikian Prof Dr Warul Walidin. (dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved