Tafakur

Golongan Orang Shalat

Allah telah mewajibkan lima shalat terhadap hamba-hamba-Nya. Barangsiapa melaksanakanya dengan sempurna

Golongan Orang Shalat

Oleh: Jarjani Usman

“Allah telah mewajibkan lima shalat terhadap hamba-hamba-Nya. Barangsiapa melaksanakanya dengan sempurna, maka Allah berjanji memasukkanya ke dalam surga” (H.R. Ahmad).

Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa semua umatnya akan masuk surge, kecuali bagi yang tak mau. Hal ini bisa diamati dari golongan orang shalat.

Golongan pertama termasuk orang-orang yang merencanakan shalat dengan baik. Sebelum masuk waktu shalat, sudah merencanakan berjamaah. Dan bahkan berusaha datang lebih awal agar bisa mempersiapkan tempat untuk orang banyak.

Ini tentunya berbeda sekali dengan golongan orang-orang kedua. Mereka baru melangkah ke masjid manakala mendengar azan terlebih dahulu.

Golongan ketiga berbeda lagi. Meskipun sudah mendengar azan, suka melambat-lambatkan kedatangannya. Makanya yang datang terlambat cenderung orang-orang yang sama.

Namun yang lebih parah lagi adalah golongan keempat, yang meskipun mendengar azan tetap tak mau mendatangi shalat berjamaah. Mereka lebih memilih shalat sendiri.

Yang jauh lebih parah adalah golongan kelima. Meskipun mendengar azan, kelompok orang-orang seperti ini mengabaikannya dan bahkan tidak melakukan shalat karena lebih memilih berbincang panjang lebar atau bermain dengan sesamanya.

Bila disuruh memilih, umumnya orang Muslim akan memilih golongan pertama atau paling kurang golongan kedua. Apalagi golongan orang pertama bukan hanya memperoleh pahala dari shalatnya dan jalannya menuju masjid, tetapi juga pahala dari kebaikannya membantu agar orang bisa nyaman shalat.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help