Petugas Kampung Dikumpulkan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bener Meriah mengumpulkan seluruh petugas registrasi kampung

Petugas Kampung Dikumpulkan
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
KERUMUNAN yang sedang mengurus surat keterangan (Suket) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdupencapil) Subulussalam, Senin (25/6/2018). 

* Percepat Proses Dokumen Kependudukan

REDELONG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bener Meriah mengumpulkan seluruh petugas registrasi kampung (PRK) yang berjumlah 233 orang. Mereka dilatih oleh Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan (KOMPAK), tentang pelayanan dokumen kependudukan di aula KLK, Kampung Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam.

Kasi Legislasi dan Informasi Disdukcapil Bener Meriah, Erianto Abduh Yunus SH, di sela pelatihan itu kepada Serambi, Rabu (25/7) menjelaskan pelatihan bagi Petugas Registrasi Kampung (PRK) dari seluruh desa di Bener Meriah itu untuk memberikan pemahaman teknis tentang kegiatan yang harus dilakukan oleh petugas registrasi kampung.

“Mereka merupakan perwakilan dari seluruh kampung di Bener Meriah yang diutus oleh kampungnya untuk mengikuti sosialisasi ini,” jelasnya. Disebutkan, para peserta ini nantinya akan diangkat sebagai petugas registrasi kampung oleh bupati, bagian dari strategi cerdas untuk meningkatkan layanan di tingkat kampung.

Disebutkan, petugas registrasi tingkat kampung ini akan mampu mempercepat cakupan pelayanan kepemilikan dokumen kependudukan. Dia mencontohkan, seperti kartu keluarga (KK), akte kelahiran, akte kamatian dan dokumen kependudukan lainnya.

Dia menjelaskan kebijakan ini diambil untuk mempersingkat proses pembuatan dokumen kependudukan, karena sebagian warga tinggal di daerah pedalaman, sehingga jauh dengan ibukota Bener Meriah. “Faktor jarak menjadi penyebab utama masyarakat enggan mengurus dokumen kependudukan di kota,” jelas Erianto.

Melihat kondisi wilayah Bener Meriah ini, maka diperlkukan petugas registrasi kampung, yang nantinya akan menjadi garda terdepan dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. “Petugas registrasi kampung ini merupakan perwakilan Disdukcapil tingkat kampung, yang nantinya akan membuat proses lanjutan di ibukota kabupaten,” ujarnya.

Erianto memyatakan PRK bekerja melakukan pendataan bagi masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan, kemudian memberi tahu persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan dokumen tersebut. “Setelah syarat terpenuhi, maka PRK ini mengusulkan ke Disdukcapil Bener Merih, tanpa perlu membawa masyarakat,” katanya.

“Jadi dengan adanya PRK ini, masyarakat hanya mengumpulkan persyaratan saja ke petugas registrasi kampung. Petugas tersebutlah yang akan mengusulkan serta mengambil dokumen yang sudah selesai di Disdukcapil. Jadi masyarakat hanya tinggal menunggu saja, tanpa harus perlu datang kekantor kami,” pungkas Kasi Legislasi dan Informasi Disdukcapil ini.

Disebutkan, natinya bila sudah disahkannya Petugas Registrasi Kampung (PRK) ang rencananya akan diangkat pada Agustus 2018 mendatang, untuk menunggu selesainya dokumen diperkirakan ekitar tiga hari setelah pengusulan dari petugas registrasi di kampung.

Koordinator KOMPAK, Muhammad Very menyatakan petugas registrasi kampung di Bener Meriah ini harus mendapat dukungan semua pihak. Dia berharap, seusai PRK diresmikan, maka masyarakat yang tidak mempunyai dokumen kependudukan bisa mendapatkan legalitas yang tercatat negara melalui petugas tersebut.

“Ini contoh pemenuhan akses pelayanan serta kualitas pelayanan, yang bersinggungan langsung dengan masyarakat,” ujarnya. Dia juga meminta masyarakat untuk lebih kooperatif kepada petugas registrasi, sehingga pemenuhan hak-hak legalitas bisa terpenuhi dan dicatat sebagai dokumen kependudukan.

“Artinya, jika ada masyarakat tidak bisa mengurus dokumen kependudukan, maka dengan adanya petugas ini akan sangat membantu, karena petugaslah yang bekerja, mulai dari pengusulan dan pengambilan dokumen kependudukan. Hal ini sebagai langkah inovasi kemudahan pelayanan,” tandasnya.(c51)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved