Tafakur

Balasan di Dunia

Allah berjanji akan memperlihatkan dan membalas setiap kebaikan dan keburukan yang dilakukan setiap hambaNya

Balasan di Dunia

Oleh Jarjani Usman

“Barangsiapa mengerjakan kebaikan sekecil zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan sekecil zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya” (QS. Al Zalzalah: 7-8).

Allah berjanji akan memperlihatkan dan membalas setiap kebaikan dan keburukan yang dilakukan setiap hambaNya. Bukan hanya balasan di akhirat kelak, tetapi sebahagiannya ditunjukkan sewaktu di dunia.

Sebahagian balasan di dunia bisa bermacam-macam, antara lain berupa sanksi dari kalangan manusia. Maksudnya, orang-orang yang pernah berbuat kejahatan akan diberikan hukuman, baik dengan hukuman penjara maupun hukuman sosial. Hukuman sosial berupa pembatasan ruang gerak terhadap mereka. Misalnya, tak dibolehkan lagi mencalonkan diri untuk menduduki jabatan tertentu, demi menjaga martabat suatu jabatan. Ketika mengajak untuk mencegah kemungkaran, seorang pemimpin berkemungkinan tak dipercaya karena kejahatannya sendiri di masa lalu.

Namun balasan di dunia belum menghapus porsi balasan di akhirat, yang bahkan lebih adil dan terperinci. Tak ada satupun yang luput dari pengadilan akhirat, walau itu perbuatan sekecil zarrah.

Karena itu, kita diserukan untuk senantiasa berusaha berpedoman kepada Alquran dalam hidup ini agar tidak tergelincir ke dalam jurang kesesatan. Walau semua orang bisa bersalah, Alquran menunjukkan agar kita bersegera memohon ampun dan tak mengulanginya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved