Aceh Tetap Fokus Pengembangan Sapula

Pengembangan sektor Pariwisata Aceh yang sudah dicanangkan lewat Program IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle)

Aceh Tetap Fokus  Pengembangan Sapula
SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA
Mendagri Tjahjo Kumolo, menyerahkan surat tugas kepada Nova Iriansyah sebagai Plt Gubernur Aceh, dan Tgk Syarkawi sebagai Plt Bupati Bener Meriah, di Kemendagri Jakarta, Senin (9/7/2018). 

BANDA ACEH - Pengembangan sektor Pariwisata Aceh yang sudah dicanangkan lewat Program IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle) ke depan akan tetap fokus pada pengembangan poros Sabang-Puket-Langkawi (Sapula).

Hal itu dikemukakan Plt Gubernur Aceh, Nova Iiriansyah seusai membuka 11th Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle Working Group on Tourism (11th IMT-GT WGT) di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Jumat (27/7). IMT-GT WK yang melibatkan pelaku pariwisata tiga negara Asean itu berlangsung 27-30 Juli 2018 di Banda Aceh. Lewat IMT-GT, Aceh berharap ke depan arus kunjungan pariwisata antarketiga negara ke daerah ini, terutama ke Sabang bisa lebih meningkat.

Didampingi Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Drs Amiruddin, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan secara umum kerja sama ketiga negara itu sudah berjalan sejak beberapa tahun silam. Namun demikian untuk meningkatkan arus kunjungan ke tanah rencong masih harus terus ditingkatkan. “Selama ini, memang paket pariwisata antarnegara peserta sudah saling mengisi. Namun, masih terbatas pada lomba yacht (kapal layar) dan kunjungan kapal pesiar,” katanya.

Sedangkan secara umum, Nova juga mengharapkan Pariwisata Aceh ke depan harus bangkit. “Aceh memiliki 800-an obyek wisata yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Tanah Rencong,” sebutnya.

Pada pertemuan selama tiga hari itu, selain dihadiri para kepala dinas Pariwisata kabupaten/kota se-Aceh, juga hadir sejumlah stage holder pariwisata yang tergabung dari berbagai organisasi di antaranya APJI, ASITA, PUTRI, LSP Archipelago.

Beberapa pengusaha yang bergerak di sektor pariwisata sangat mengharapkan agar pertemuan IMT-GT yang berlangsung di Banda Aceh bisa membawa kecerahan bagi dunia traveler di tanah Rencong.

Ketua Pusat Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Aceh, Zulfitri yang juga pemilik usaha Joel Bungalaw di Lampuuk, mengatakan pihaknya sangat berharap pertemuan IMT-GT yang tengah berlangsung ini bisa bermanfaat bagi pengembangan usaha pariwisata Aceh.

Hal serupa juga dikemukakan pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Archipelago, Ir Akhyar Ibrahim, sejumlah pengurus asosiasi pariwisata lainnya, di antara Sarjev, Mirza, dan Toto Julianto. (sir)

aceh dalam imt-gt
* Program IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle) atau pengembangan darisektor pariwisata di tiga negara ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun silam
* Khusus Aceh akan tetap fokus pada pengembangan poros Sabang-Puket-Langkawi (Sapula)
Pengembangan sektor Pariwisata Aceh yang sudah dicanangkan lewat
* Selama ini, paket pariwisata antarnegara peserta sudah saling mengisi. Namun, masih terbatas pada lomba yacht (kapal layar) dan kunjungan kapal pesiar.
* Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, juga berharap secara umum melalui program ini pariwisata Aceh ke depan harus bangkit, apalagi Aceh memiliki 800-an objek wisata yang tersebar di 23 kabupaten/kota

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help