Tafakur

Kemampuan Mengaji

Sangat tepat diterapkan syarat kemampuan membaca Alquran bagi setiap calon wakil rakyat

Kemampuan Mengaji
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Sekitar 374 bakal calon legisllatif (bacaleg) DPRK Abdya dari 17 parpol, mengikuti uji baca Alquran yang dilaksanakan KIP setempat selama dua hari, berakhir Rabu (25/7/2018) sore. 

Oleh: Jarjani Usman

“Kitab (Alquran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebahagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka dan mereka beriman kepada (Alquran) yang diturunkan kepadamu (Muhammad).(QS. Al Baqarah: 2-4).

Sangat tepat diterapkan syarat kemampuan membaca Alquran bagi setiap calon wakil rakyat. Apalagi Alquran adalah Kitab Suci petunjuk hidup utama bagi setiap insan. Sangat aneh bila seseorang yang katanya mau mewakili rakyat tetapi tak mampu membaca dan memahami kitab petunjuk hidup.

Bila Alquran tak mampu dibaca dan difahami, maka tak akan mampu menggunakannya sebagai petunjuk dalam hidup ini. Akibatnya, tak akan mampu merujuk kepadanya dalam bertugas untuk menyampaikan aspirasi atau keinginan rakyat. Makanya tak mengherankan bila ada aspirasi rakyat yang tak diperjuangkan dan bahkan banyak dana aspirasi untuk rakyat yang diselewengkan untuk kepentingan pribadi.

Berbeda halnya dengan orang-orang yang benar-benar mengimani pesan-pesan Allah dalam ayat-ayat Alquran, akan merasa takut untuk berbuat curang. Juga takut dan malu mengambil gaji dan tunjangan lainnya bila tak sungguh-sungguh bekerja untuk kepentingan rakyat. Serta takut untuk mengambil hak rakyat secara batil.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help