PKA 7

Pemko Siapkan Tim Lomba Adat Perkawinan di PKA

Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe melalui Majelis Adat Aceh (MAA) kini sudah melakukan berbagai persiapan

Pemko Siapkan Tim Lomba Adat Perkawinan di PKA
logo PKA VII

LHOKSEUMAWE - Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe melalui Majelis Adat Aceh (MAA) kini sudah melakukan berbagai persiapan untuk mengikuti lomba adat perkawinan di ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang akan berlangsung di Banda Aceh, awal Agustus mendatang. Untuk lomba ini, MAA telah menyiapkan 30 anggota.

Ketua MAA Kota Lhokseumawe, Tgk Yusdedi, kemarin, mengatakan, sesuai jadwal, pihaknya akan tampil dalam lomba adat perkawinan pada Sabtu (11/8). Untuk itu, pihaknya mulai mempersiapkan berbagai kebutuhan, seperti peralatan dan juga melatih para anggota.

Menurut Tgk Yusdedi, pihaknya nanti akan menampilkan prosesi adat perkawinan khas Kota Lhokseumawe.

“Lhokseumawe adalah kota yang majemuk. Jadi, dari berbagai etnis yang ada, kita ramu menjadi sebuah adat khas Kota Lhokseumawe,” jelasnya. Prosesi adatnya, beber dia, nanti diawali musik iringan linto baroe (pengantin) pria, lalu disambut dengan seumapa, tukar batee ranup dan tukar payung antara rombongan lintoe dengan rombongan pengantin wanita (dara baroe). “Rombongan lintoe juga disambut dengan tarian ranup lampuan, serta diiringi shalawat saat pengantin pria menuju pelaminan,” ulasnya.

Selain itu, di depan pintu di-peubreuh pade (beras dan padi) oleh mak peunganjo (tokoh adat wanita), lalu mencuci kaki lintoe untuk diantar ke pelaminan. “Juga akan ada hidangan untuk besan dengan berbagai menu yang telah dihias secara indah. Serta berbagai prosesi adat khas Lhokseumawe lainnya,” ucap Tgk Yusdedi.

Dia meyakini, proses adat perkawinan Kota Lhokseumawe akan menarik untuk disaksikan para pengunjung PKA nantinya. “Dengan harapan bisa menjadi salah satu dominasi juara,” demikian Tgk Yusdedi.(bah)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved