Atlet Petanque Unsyiah Rebut Emas di Even 20th IMT-GT Varsity Carnival Malaysia

Selain meraih medali emas cabang petanque, Unsyiah juga merebut emas cabang tenis lapangan.

Atlet Petanque Unsyiah Rebut Emas di Even 20th IMT-GT Varsity Carnival Malaysia
SERAMBINEWS.COM/JALIMIN
Atlet Petanque saat diterima oleh Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng di Halaman Biro Rektor Unsyiah, Minggu (29/7/2018) pagi. 

Laporan Jalimin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Atlet cabang Olahraga Petanque Unsyiah merebut medali emas dalam ajang 20th IMT-GT Varsity Carnival yang berlangsung tanggal 20-26 Juli 2018, di Kampus University Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Perlis, Malaysia.

Di babak final, tujuh atlet putra-putri Unsyiah ini mengalahkan atlet perguruan tinggi Prince Songkla University (PSU) Thailand yang harus puas di posisi runner-up.

Selain meraih medali emas cabang petanque, Unsyiah juga merebut emas cabang tenis lapangan.

Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Petanque (FOPI) Aceh, Nashrillah Anis SE MM, Minggu (28/7/2018) mengatakan, tujuh atlet petanque Unsyiah yang berlaga dalam even 20th IMT-GT Varsity Carnival
yakni Maskur, Ilyas, Ali Ariansyah, Agus Maulizar, Nivi Lidya Isdariati, Reni Amelia, dan Kurnia Elianti.

Di patai final, atlet petanque Unsyiah unggul telak 3-0 setelah menang dari semua nomor yang dipertandingkan yakni Double Man, Double Women, dan Double Mix (ganda campuran).

Baca: Bonus yang akan Diterima Atlet Indonesia Jika Menyumbang Medali Pada Ajang Asian Games 2018

Sementara di pertandingan babak penyisihan, atlet Petanque Unsyiah mengatasi perlawanan tim Petanque University Utara Malaysia (UUM) dan di babak semifinal unggul atas University Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Perlis Malaysia, masing-masing juga dengan skor telak 3-0.

"Capaian ini merupakan sebuah lompatan besar yang patut disyukuri bersama, karena kita tahu bahwa olahraga petanque sudah jauh lebih dulu dikenal bahkan berkembang di negara-negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia. Bahkan Thailand selama ini dikenal sebagai raksasa kekuatan Petanque untuk kawasan Asia Tenggara," ujar Nasrillah Anis yang juga Sekum Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Aceh ini.

Event 20th IMT-GT Varsity Carnival merupakan even tahunan yang diikuti oleh sebanyak 12 perguruan tinggi dari tiga negara yang tergabung dalam forum pembangunan kawasan Indonesia, Malaysia, Thailand-Growth Triangle (IMT-GT).

Masing-masing negara diwakili oleh utusan empat universitas atau perguruan tinggi.

Sedangkan dari Indonesia diikuti Unsyiah, Unversitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Baca: 5 Fakta Kali Item Beraroma tak Sedap di Samping Wisma Atlet yang Kini Ditutupi Jaring Hitam

Lima cabang dipertandingkan masing-masing petanque, tenis lapangan, sepakbola, basket, dan bulutangkis.

Ketua Umum Pengprov FOPI Aceh, Drs Abdurrahman MKes, menjelaskan bahwa keikutsertaan atlet Petanque Aceh dalam kejuaraan berskala internasional ini sangat bermanfaat bagi peningkatan skill dan pengalaman bertanding atlet petanque Unsyiah.

Karena meskipun masih berstatus sebagai mahasiswa, empat dari tujuh atlet petanque Unsyiah yang ikut dalam kejuaraan tersebut, juga merupakan atlit binaan KONI Aceh yang sedang dipersiapkan untuk mengikuti Prakualifikasi PON (Pra PON), dan PON XX/2020 di Papua.

Selain meraih medali emas di cabang petanque, atlet Unsyiah juga merabut emas di cabang tenis lapangan. Sedangkan cabang sepakbola, tim mahasiswa Unsyiah hanya meraih juara ketiga. (*)

Penulis: Jalimin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help