Tafakur

Krisis Iman

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka

Krisis Iman

Oleh Jarjani Usman

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka. Dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya, bertambah (kuat) imannya, dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal” (QS. Al-Anfal: 2).

Saat ini kita sedang was-was menghadapi kemungkinan munculnya krisis ekonomi lagi, seperti yang pernah terjadi. Bila terjadi, rakyat tercekik. Uang kita tidak ada nilainya. Barang-barang serba mahal. Daya beli menurun drastis. Banyak usaha terpaksa tutup. Pengangguran bertambah-tambah. Kekacauan dan kejahatan terjadi di mana-mana. Itu baru krisis ekonomi, belum lagi kalau krisis iman.

Bila krisis iman menimpa seseorang, maka kehancuran tak terelakkan. Azan sudah tak lagi terasa sebagai panggilan shalat. Tak terketuk hati untuk segera menghadiri pertemuan dengan Allah, walaupun sebenarnya itu hanya beberapa menit.

Lantunan ayat-ayat suci kalam Ilahi hanya terdengar sebagai nyanyian. Sedangkan pesan-pesannya terabaikan. Dilarang mengambil hak orang lain secara batil, malah itu yang dikejar. Walau digaji besar, penguasa gemar bekerja sama dengan para kontraktor mengorupsi hak-hak rakyat. Jalan, jembatan, dan lain-lain yang seharusnya dibangun dengan plot anggaran yang cukup agar kualitasnya terjamin, malah dikorup bersama-sama melalui permufakatan jahat.

Hal-hal seperti itu akan terus berlangsung walaupun pelakunya sudah tua. Benar kata Imam Al Ghazali bahwa yang tidak pernah tua adalah hawa nafsu.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help