BPJS Ketenagakerjaan Hadirkan Kartu Kepesertaan Elektronik

BPJS Ketenagakerjaan kembali berinovasi menghadirkan kemudahan bagi peserta berupa kartu kepesertaan elektronik

BPJS Ketenagakerjaan Hadirkan Kartu Kepesertaan Elektronik

BANDA ACEH - BPJS Ketenagakerjaan kembali berinovasi menghadirkan kemudahan bagi peserta berupa kartu kepesertaan elektronik atau digital. Hal itu dilakukan untuk memudahkan pelayanan kepada peserta program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh, Efa Zuryadi kepada Serambi, Senin (30/7) menyampaikan sejak diterbitkan Peraturan BPJS Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2018 tentang bentuk kartu peserta, sertifikat kepesertaan dan formulir program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun kepesertaan BPJS Ketenagakerjaaan, maka selama ini kartu fisik sebagai tanda bukti kepesertaan program sudah berjalan.

“Dan yang baru ini adalah kartu kepesertaan dalam bentuk digital atau elektronik,” ujarnya.

Dikatakan, bentuk kartu kepesertaan elektronik ini dapat diakses melalui website www.bpjsketenagakerjaan.go.id , atau didownload secara gratis di playstore dengan aplikasi BPJSTKU. Atau dapat juga dicetak oleh HRD perusahaan melalui aplikasi SIPP Online yang sudah dibekali kepada setiap perusahaan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Informasi lebih lanjut peserta dapat menghubungi petugas call center BPJS Ketenagakerjaan di 1500910.

“Kartu kepesertaan elektronik ini memiliki fungsi yang sama dengan kartu fisik sebagai tanda bukti kepesertaan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian serta sebagai bukti pengambilan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Efa Zuryadi menambahkan manfaat lainnya seperti peserta mengajukan layanan tambahan program perumahan, maka dapat juga memanfaatkan fasilitas dari kartu kepesertaan elektronik ini. “Kami juga ada kerja sama dengan BTN,” ujarnya. Hal lainnya yaitu dapat mengetahui tabungan program jaminan hari tua maupun jaminan pensiun, karena dapat langsung dimonitor melalui aplikasi BPJSTKU. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved