Luar Negeri

Mencerminkan Perang AS-Iran, Ternyata Konflik Suriah Jadi Ajang Uji Coba Senjata Baru Israel

Peperangan antara AS dan Iran sebenarnya sudah terjadi di Suriah. Tapi bukan AS yang berhadapan langsung dengan Iran melainkan Israel.

Mencerminkan Perang AS-Iran, Ternyata Konflik Suriah Jadi Ajang Uji Coba Senjata Baru Israel
intisari
Senjata antirudal David Sling Israel 

SERAMBINEWS.COM - Peperangan antara AS dan Iran sebenarnya sudah terjadi di Suriah.

Tapi bukan AS yang berhadapan langsung dengan Iran melainkan Israel.

Pasalnya setiap kali drone-drone Iran yang terbang dari pangkalan rahasia Suriah terbang di kawasan Dataran Tinggi Golan untuk ‘mengintip’ wilayah perbatasan Israel, militer Israel segera melakukan tindakan tegas.

Meskipun drone-drone Iran yang sedang terbang melakukan ‘misi penggangguan’ sama sekali tidak bersenjata dan hanya berharga ratusan juta rupiah, Israel segera mengerahkan peluncur rudal Patriot II buatan AS yang harganya puluhan miliar untuk melumpuhkannya.

Baca: 10 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal, Apa Saja?

Bukan hanya rudal Patriot yang dikerahkan untuk melumpuhkan drone-drone Iran, heli AH-64 Apache dan jet-jet tempur buatan AS juga langsung dikerahkan Israel untuk menggempur pangkalan rahasia Iran di Suriah.

Melalui penggunaan senjata buatan AS untuk merontokkan drone dan menggempur pangkalan Iran di Suriah itu sebenarnya peperangan antara AS-Iran sudah berlangsung.

Apalagi Israel merupakan sekutu dekat AS yang juga merupakan musuh bebuyutan Iran.

Jika diamati konflik di Suriah yang merembet ke Israel sebenarnya ‘menguntungkan’ Israel sendiri karena menjadi punya kesempatan untuk menguji coba persenjataan barunya.

Baca: Kisah Perjalanan Haji pada 1800-an: Enam Bulan di Lautan, Kelaparan, Badai, Penyakit Jadi Ancaman

Baca: Abusyik Bujuk Murid SD Untuk Disuntik Imunisasi MR, Ini Hadiah yang Diberikan

Baca: Di Depan Jamaah, Ustaz Abdul Somad Mengaku Dapat Ancaman via HP, Begini Bunyinya

Belum lama ini pada Senin (23/7) militer Israel telah menguji coba persenjataan barunya berupa sistem pertahanan antirudal David Sling untuk melumpuhkan serangan rudal yang datang dari arah Suriah.

Senjata antirudal David Sling yang secara sistem dan teknologi mirip peluncur antirudal Patriot itu sukses menyergap rudal Suriah OTR-21 Tochka yang kemudian jatuh di kawasan Suriah.

Sebagai senjata antirudal, David Sling dalam proses produksinya digarap oleh industri pertahanan Israel Rafael Advanced Defense System bekerja sama dengan industri pertahanan AS, Raytheon.

Ketika ditembakkan rudal-rudal dari peluncur rudal David Sling bisa menghantam sasaran pada jarak 40 km hingga 300 km.

Sasaran yang dihancurkan pun bisa beragam karena David Sling juga dilengkapi radar pencari sasaran berpemandu sensor canggih AESA (Active Electronically Scanned Array).

Artikel ini telah tayang di intisari dengan judul Konflik Suriah yang Mencerminkan Perang Antara AS-Iran Ternyata Jadi Ajang Uji Coba Senjata Baru Israel

Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved