OTT KPK di Aceh

Terkait Kasus Suap Gubernur Aceh, Steffy Burase Jalani Pemeriksaan Kedua Selama 11 Jam di KPK

Steffy diperiksa penyidik KPK sejak pukul 10.20-21.15 WIB sebagai saksi atas kasus dugaan suap Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf.

Terkait Kasus Suap Gubernur Aceh, Steffy Burase Jalani Pemeriksaan Kedua Selama 11 Jam di KPK
Theresia Felisiani
Steffy Burase usai menjalani pemeriksaan di KPK, Rabu (1/8/2018) malam. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Mantan model, Fenny Steffy Burase menjalani pemeriksaan selama 11 jam di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (1/8/2018).

Steffy diperiksa penyidik KPK sejak pukul 10.20-21.15 WIB sebagai saksi atas kasus dugaan suap Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf yang kini ditahan KPK.

Dilansir Serambinews.com dari Tribunnews.com, kuasa hukum Steffy, Fahri Timur mengatakan, pemeriksaan kali ini merupakan kelanjutan dari pemeriksaan pada Rabu (18/7/2018).

"Tadi pemeriksaan tambahan saja. Ada hal yang ‎tidak bisa kami ungkapkan. Tapi ini pengembangan saja dari pemeriksaan kemarin. Konfirmasi saja kembali untuk mengukur konsistensi dia ‎apa benar apa enggak," kata Fahri.

Baca: Ditanya Rumor Jadi Istri Muda Irwandi Yusuf, Steffy Burase Bilang Fokus ke Aceh Marathon

Senada dengan kuasa hukumnya, Steffy juga mengatakan bahwa pemeriksaan hari ini hanya untuk mengklarifikasi beberapa hal.

"Cuma mengklarifikasi aja dari yang kemarin, mencocokkan. Tadi ngobrol juga," kata Steffy singkat.

Baca: Steffy Burase Ungkap Total Dana Aceh Internasional Marathon Rp 13 Miliar, untuk Medali Rp 500 Juta

Sementara secara terpisah, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan pemeriksaan Steffy hari ini merupakan penjadwalan ulang dari pemeriksaan Kamis (26/7/2018), karena saat itu Steffy tidak bisa hadir.

‎"Pemeriksaan hari ini penjadwalan ulang dari sebelumnya. Penyidik terus mendalami informasi aliran dana terkait acara Aceh Marathon," ujar Febri di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca: 12 Jam Diperiksa Penyidik KPK, Steffy Burase Akui Ada Aliran Dana dari Irwandi Yusuf

Kehadiran Steffy ke KPK pukul 10.20 WIB ‎pagi, mencuri perhatian karena perempuan berparas cantik ini tidak ada di agenda jadwal pemeriksaan KPK hari ini.

Dalam kasus dugaan suap pengalokasian dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) TA 2018 ini, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Aceh, dan menetapkan empat tersangka.

Mereka adalah Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf, Bupati Bener Meriah Ahmadi serta dua pihak swasta, Hendri Yuzal dan T Syaiful Bahri.

Diduga, Gubernur Irwandi meminta jatah sebesar Rp 1,5 miliar atas fee ijon proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari DOKA tahun 2018. Irwandi meminta jatah tersebut pada Bupati Bener Meriah, Ahmadi.

Baca: Irwandi Yusuf Ditangkap KPK, Darwati A Gani: Ini Seperti Mimpi Bagi Saya

Baca: OTT KPK - Begini Kesaksian Anggota DPRK Bener Meriah Ketika Bupati Ahmadi Ditangkap

Baca: OTT Irwandi Yusuf dan Ahmadi, KPK Sebut Uang Rp 500 Juta untuk Beli Medali dan Jersey Aceh Marathon

Ahmadi baru menyerahkan uang sebesar Rp 500 juta pada Gubernur Irwandi melalui dua orang dekatnya, Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri.

Diduga pemberian ini merupakan komitmen fee 8 persen yang jadi bagian untuk pejabat Pemerintah Aceh.(*)

Artikel ini sudah tayang di Tribunnews.com dengan judul “Kasus Suap Gubernur Aceh, Steffy Burase Jalani Pemeriksaan 11 Jam di KPK

Editor: Safriadi Syahbuddin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved