KPK Periksa Lagi Steffy Burase

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa mantan model, Fenny Steffy Burase dalam kasus dugaan

KPK Periksa Lagi Steffy Burase
Fenny Steffy Burase 

BANDA ACEH - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa mantan model, Fenny Steffy Burase dalam kasus dugaan suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018 yang telah menyeret gubernur Aceh non-aktif, Irwandi Yusuf. Steffy diperiksa oleh penyidik KPK, Rabu (1/8).

Wanita asal Manado yang disebut-sebut punya hubungan istimewa dengan Irwandi Yusuf itu masih diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irwandi Yusuf dalam kasus rasuah yang juga menyeret bupati non-aktif Bener Meriah, Ahmadi. Steffy diperiksa dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji yang bertentangan dengan kewajibannya terkait pengalokasian dan penyaluran DOKA 2018 pada Pemerintah Aceh.

Seperti diketahui, Steffy Burase merupakan salah satu panitia Aceh Marathon 2018, bisa disebut dia mendapat jabatan strategis dalam kegian itu, yaitu staf khusus. Menurut Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, pemeriksaan Steffy merupakan lanjutan dan penjadwalan ulang dari pemeriksaan sebelumnya.

“Pemeriksaan Steffy Burase hari ini penjadwalan ulang dari sebelumnya karena tidak hadir pada pemeriksaan Kamis kemarin,” kata Febri Diansyah dalam keterangan tertulisnya kepada Serambi, Rabu (1/8).

Menurut Febri, KPK masih perlu memeriksa Steffy untuk mendalami informasi terkait aliran dana Aceh Marathon 2018. “Penyidik terus mendalami informasi aliran dana terkait Aceh Marathon,” kata Febri.

Dilansir Kompas.com, Steffy tiba di gedung KPK sekitar pukul 10.20 WIB. Wanita yang mengenakan kerudung hitam itu tak banyak memberikan keterangan dan langsung memasuki lobi gedung. Kedatangan Steffy ini tidak ada di jadwal pemeriksaan yang dikeluarkan KPK.

Seperti dikatakan Febri, ini merupakan pemeriksaan ulang bagi Steffy, karena pada jadwal pemeriksaan kedua sebelumnya dia tidak memenuhi panggilan KPK.

Sebelumnya, Kamis (26/7), Fenny Steffy Burase sempat mangkir dari panggilan penyidik KPK. Steffy Burase sedianya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irwandi dalam proses penyidikan kasus dugaan korupsi DOKA 2018.

Diketahui, Steffy merupakan salah satu saksi yang dicegah ke luar negeri oleh KPK selama enam bulan terhitung sejak Jumat, 6 Juli 2018. Dalam kasus dugaan rasuah yang telah menetapkan Irwandi Yusuf, Ahmadi, Hendri Yuzal, dan T Syaiful Bahri itu, Steffy sudah dua kali diperiksa oleh KPK. Pertama pada 18 Juli dan yang kedua pada 26 Juli.

Dalam keterangannya kepada KPK, Steffy sempat mengakui kalau dirinya ada menerima aliran dana dari Irwandi, tapi tidak mengetahui asal usulnya dan disebut-sebut dana itu akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018. (*/dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help