127.889 Anak di Bireuen Sasaran Imunisasi

SEMENTARA itu, seluruh puskesmas di Bireuen mulai melakukan vaksinasi Measles Rubella (MR) bagi anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun

127.889 Anak di Bireuen Sasaran Imunisasi
imunisasi 

SEMENTARA itu, seluruh puskesmas di Bireuen mulai melakukan vaksinasi Measles Rubella (MR) bagi anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun. Kegiatan perdana dipusatkan di SDN 1 Peudada yang dibuka Wakil Bupati (Wabup) Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, Kamis (2/8).

Kepala Puskesmas Peudada, dr Rini Novianti mengatakan, kampanye imunisasi MR telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dia menambahkan, hasil pendataan pihaknya, di Peudada jumlah anak yang akan disuntik imunisasi MR mencapai 9.628 orang, terdiri dari murid TK, SD, MI, sampai SMP. Setiap hari, jelasnya, tim medis akan mendatangi minimal empat sekolah dan desa-desa sampai program vaksinasi tuntas pada September mendatang.

Kadinkes Bireuen, dr Amir Addani MKes menerangkan, vaksinasi MR dilaksanakan serentak di seluruh puskesmas pada minggu pertama Agustus sampai September 2018. Sasaran imunisasi ini di Bireuen adalah 127.889 jiwa balita berusia 9 bulan hingga 15 tahun.

Wakil Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi dalam sambutannya mengatakan, campak salah satu penyakit mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk atau pilek.

“Penyakit tersebut berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah dan kekebalan immunity tidak terbentuk. Ketika seseorang terkena campak akan mudah tertular kepada orang yang berinteraksi erat dengan penderita,” pungkasnya.(yus)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help