DRKA Gelar Workshop Pemanfaatan Data Kependudukan

Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA), Kamis (2/8), menggelar Workshop Pemanfaatan Data

DRKA Gelar Workshop  Pemanfaatan Data Kependudukan
Drs H Nurdin F Joes

BANDA ACEH - Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA), Kamis (2/8), menggelar Workshop Pemanfaatan Data dan Informasi Kependudukan lingkup instansi Pemerintah Aceh. Acara yang berlangsung sehari itu dihelat di Aula Kantor DRKA.

Masing-masing Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) mengirimkan dua peserta yaitu Sekretaris atau Kepala Bidang dan Pejabat Eselon IV yang membidangi database di intansi setempat.

Pelaksanaan workshop ini didasarkan pada Permendagri No 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup, dan Tata Cara Pemberian Hak Akses serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), dengan narasumber internal DRKA masing-masing Kepala Dinas dan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), H Saifuddin SKom MKom.

Kepala DRKA yang diwakili Kepala Bidang Kelembagaan, Drs H Nurdin F Joes, mengatakan, sebagai bentuk pelayanan publik, data kependudukan semakin dipentingkan berbagai lembaga pengguna (stake-holders) utamanya SKPA. Sesuai UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, data kependudukan itu dimanfaatkan untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, pengalokasian anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Ditambahkan, untuk mendapatkan hak akses dan pemanfaatan data kependudukan, lembaga pengguna mesti memenuhi persyaratan dan menempuh tahapan tertentu di antaranya melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pemanfaatan Data Kependudukan dengan lembaga Dukcapil.

Kegiatan workshop diharapkan dapat memberikan pencerdasan kepada peserta SKPA dalam memahami secara benar bagaimana data kependudukan dapat diakses dan dimanfaatkan bagi segala lini pembangunan bangsa.

Data-data kependudukan yang akan diberikan hak akses serta pemanfaatan kepada lembaga pengguna merupakan data hasil aplikasi werehouse yaitu data konsolidasi bersih (DKB) yang telah dikonsolidasikan atau dibersihkan Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil.(nur)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved