Opini

PKA 7 dan Fenomena Baru Kehidupan 4F

PEKAN Kebudayaan Aceh (PKA) 7, sebuah perhelatan seni budaya Aceh yang diselenggarakan setiap empat tahunan

PKA 7 dan Fenomena  Baru Kehidupan 4F
Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT yang juga Ketua Umum Panitia Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII, Kamis (2/8) sore, meninjau kesiapan anjungan 23 kabupaten/kota se-Aceh di Taman Sultanah Safiatuddin (Tasulsa) menjelang PKA VII yang ibuka Presiden Joko Widodo pada 5 Agustus malam di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh. Dalam peninjauan itu, Nova didampingi sejumlah kepala SKPA, di antaranya Plt Kadisbudpar Aceh, Drs Amiruddin Tjoet Hasan MSi dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Aceh, Teuku Ahmad Dadek SH. 

Oleh Rahmadhani dan Humeidy Ghazali

PEKAN Kebudayaan Aceh (PKA) 7, sebuah perhelatan seni budaya Aceh yang diselenggarakan setiap empat tahunan akan segera digelar secara akbar melalui pelibatan semua pihak pada 5-15 Agustus 2018, yang dipusatkan di Taman Sulthanah Safiatuddin dan 16 lokasi berbeda lainnya di Banda Aceh.

Mengusung tema “Aceh Hebat dengan Adat Budaya Bersyariat”, PKA 7 akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang juga akan dihadiri, tidak hanya oleh beberapa Menteri Kabinet Kerja dan undangan penting lainnya dari dalam dan luar negeri, tapi juga saudara-saudara kita dari berbagai daerah dalam rangka memeriahkan perhelatan budaya tersebut.

PKA 7 diharapkan akan menuai sukses dan menciptakan kenangan khusus dan unik bagi setiap pengunjung, karena even budaya kali ini dipersiapkan dengan sentuhan budaya, kreativitas, dan teknologi sebagai sebuah mahakarya persembahan anak negeri untuk membangun Aceh yang lebih baik, lebih bersatu dan lebih berbudaya melalui semangat “Aceh Hebat”.

7 Kegiatan utama
Sekitar 56 rangkaian atraksi seni dan budaya yang dikemas dalam 7 kegiatan utama akan digelar dalam rangka memeriahkan PKA 7, meliputi pembukaan yang akan menampilkan video mapping yang akan menciptakan imajinasi fantastik bertema Peradaban Aceh Masa Kini; Pawai Budaya yang akan menampilkan parade adat dan budaya dari berbagai daerah;

Pameran Budaya dan Eksibisi yang akan menampilkan pameran kebudayaan, sejarah, kuliner, produk kreatif dan bisnis kepariwisataan; Festival Seni dan Budaya yang akan menyuguhkan ragam penampilan adat istiadat, seni dan budaya Aceh; Seminar Kebudayaan dan Kemaritiman yang akan mengulas berbagai isu menarik tentang kekayaan budaya dan potensi bahari Aceh;

Anugerah Budaya yang akan memberikan apresiasi budaya kepada masyarakat Aceh yang telah berkontribusi dalam melestarikan adat dan budaya di daerah; dan Penutupan PKA 7 yang akan menampilkan ragam pesona hiburan kepada masyarakat sebagai tanda berakhirnya PKA 7.

Penyelenggaraan PKA 7 bertujuan menjadi penyemangat bagi seluruh masyarakat dalam memperkuat adat dan budaya Aceh yang islami. Mengangkat kembali seluruh khasanah budaya masyarakat dari berbagai etnis di Aceh, membangun kesadaran masyarakat dan generasi muda Aceh untuk mempelajari kekayaan dan orisinalitas budayanya. Mempromosikan Aceh dengan ragam pesona budayanya sebagai destinasi wisata budaya, dan memperkuat branding Aceh sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia kepada wisatawan.

Gaya hidup (lifestyle) masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia umumnya sekarang tidak terlepas dari pengaruh era globalisasi, khususnya kemajuan bidang informasi, teknologi dan komunikasi (ITC) yang telah menyentuh hampir seluruh peradaban dan sendi-sendi kehidupan masyarakat, tidak terkecuali masyarakat yang hidup di perdesaan.

Satu kemajuan yang sedang dinikmati oleh masyarakat dari berbagai strata sosial dan umur adalah pemakaian smart phone yang tanpa batas. Tanpa bermaksud menafikan, kemajuan teknologi tersebut juga memiliki dampak positif bagi kemajuan sebuah bangsa, daerah dan individu dalam mengakses ragam informasi tanpa batas dan sensor dari berbagai sumber dalam dan luar negeri.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved