Pemerintah Aceh Galang Dana Untuk Korban Gempa Lombok, Sudah Terkumpul Rp 300 Juta

Penggalangan donasi bantuan itu dilakukan di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA)

Pemerintah Aceh Galang Dana Untuk Korban Gempa Lombok, Sudah Terkumpul Rp 300 Juta
Warga mengangkat sepeda motornya dari reruntuhan rumah pascagempa di Desa Wadon, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (6/8/2018). Gempa bumi bermagnitudo 7 mengguncang Lombok, Minggu (5/8/2018) malam.(ANTARA FOTO/ AHMAD SUBAIDI) 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melakukan penggalangan dana untuk membantu masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dilanda musibah gempa bumi berkekuatan 7 SR pada Minggu (5/8/2018) lalu

Penggalangan donasi bantuan itu dilakukan di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melalui Bank Rakyat Indonesia pada Nomor Rekening 2056-01-000905-55-4 atas nama Bantuan Donasi Gempa Lombok.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, penggalangan bantuan tersebut sudah mulai dilakukan sehari setelah gempa berkekuaran 7 SR melanda Lombok dua hari lalu.

Baca: 2 Hari Terkubur Reruntuhan Bangunan Masjid Akibat Gempa di Lombok, Jamaah Shalat Isya Ini Selamat

"Penggalangan di bawah koordinasi BPBA. Kita berkoodinasi dengan beberapa instansi dan juga pihak swasta," kata Nova saat diwawancarai Serambinews.com di rumah dinas Wakil Gubernur Aceh, Selasa (7/8/2018).

Nova mengatakan, pada prinsipnya semua tahu, bahwa Lombok, NTB baru saja diguncang gempa yang lumayan dahsyat.

Oleh karenanya, sebagai provinsi yang pernah dilanda musibah besar beberapa tahun silam, sudah sepatutnya Pemerintah Aceh dan masyarakatnya juga menggalang dana untuk daerah lain yang dilanda musibah bencana alam.

Baca: 91 Orang Tewas dan 209 Orang Luka-luka Akibat Gempa di Lombok NTB, Ini Rinciannya

"Saya pikir secara universal kita hidup di bumi yang sama. Ketika kita musibah, kita dibantu orang, maka kita juga harus melakukan hal yang sama, gerakan solidaritas, membantu saudara- saudara kita yang terkena musibah," kata Nova Iriansyah.

Dia mengatakan, hingga saat ini, total yang sudah terkumpul lebih kurang sebanyak Rp 300 juta.

"Ini akan terus bertambah mungkin, nanti jika sudah mencapai maksimal, akan kita serahkan kepada pihak berwenang di Lombok. Ada yang menyumbang secara pribadi dan institusi," demikian Nova Iriansyah. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved