PKA 7

Stan Agara Tampilkan Pelebat Tanoh Alas

Stand Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) menampilkan atraksi pelebat Tanoh Alas yakni para pemain

Stan Agara Tampilkan Pelebat Tanoh Alas
Kontingen Aceh Tenggara, tampilkan atraksi pelebat dalam karnaval Pekan Kebudayaan Aceh (PKA7) di Taman Sultanah Safiatuddin Banda Aceh, Senin (6/8). SERAMBI/ASNAWI LUWI 

BANDA ACEH - Stand Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) menampilkan atraksi pelebat Tanoh Alas yakni para pemain saling pukul dengan bambu. Para pengunjung tampak ‘histeris’ melihat atraksi itu yang juga dihadiri pejabat Agara.

Atraksi dalam rangka memeriahkan PKA ke-7 di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh pada Senin (6/8) pagi itu juga disaksikan Wabup Agara, Bukhari bersama istri. Penampilan Wabup Bukhari berkuda beserta istrinya mengunakan pakaian adat alas, juga membuat penonton penasaran dan jadi tempat selfie para pengunjung karnaval.

Bupati Agara, Drs Raidin Pinim MAP didampingi Kabag Humas, Zulfan Harijadi SSTP, Senin (6/8) mengatakan atraksi pelebat biasanya ditampilkan saat menyambut tamu-tamu kehormatan dan menjadi ciri khas masyarakat Alas memulikan tamu. Rombongan Aceh Tenggara dihadiri Sekda, Muhammad Ridwan beserta Istri, Kajari Agara Fithrah SH dan para kepala SKPK.

Sebelumnya, Asisten I Setdakab, Ali Surahman melepas 140 peserta yang akan mengikuti PKA ke-7 di Banda Aceh. Mereka dilepas di lapangan Kantor Bupati Agara, Kutacane, Sabtu (4/8) pagi dan berangkat dengan dua bus, serta pikap L-300 yang mengangkut barang-barang yang akan dipamerkan.

Agara mengikuti 28 jenis perlombaan, baik tarian maupun masakan tradisional. Agara akan mengikuti pawai budaya, seumapa (ngekhane), melukis, lomba masakan tradisional, tangis dilo, tari durung, tari brudihe, bouh gaca, engrang, peudame ureueng, masak ikan dan kue tradisional, suson ranup, pagelaran budaya mepahukh, peuayon anuek, geulayang tunang. Kemudian, tari kreasi baru, musik tradisi, upacara adat perkawinan, pagelaran budaya melagam, kerajinan anyaman khas Aceh, kayoh jalo dan lainnya.(as)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help