Gara-gara Cuitan di Media Sosial, Hubungan Dagang dan Diplomatik Arab Saudi-Kanada Putus

Sumber lain mengatakan Kanada juga akan mencari bantuan dari Inggris. Pemerintah Inggris pada hari Selasa mendesak Kanada

Gara-gara Cuitan di Media Sosial, Hubungan Dagang dan Diplomatik Arab Saudi-Kanada Putus
Intisari online

SERAMBINEWS.COM - Lagi-lagi ketegangan hubungan diplomatis antar negara berawal dari cuitan di media sosial.

Sebuah pesan Twitter dari menteri luar negeri Kanada, Chrystia Freeland pada Kamis pekan lalu memantik kemarahan kerajaan Arab Saudi di Riyadh.

Menlu Kanada ini mengritik aksi penangkapan sejumlah aktivis perempuan di Arab Saudi, diantaranya Samar Badawi yang saudara perempuan blogger Raif Badawi.

Baca: Kotaku Latih BKM Soal Penataan Lingkungan Permukiman di Subulussalam

Melalui cuitan via Twittter, menlu Kanada Freeland mengimbau pemerintah di Riyadh untuk membebaskan Raif dan Samar Badawi.

Blogger kenamaan itu kini meringkuk di penjara di Saudi Arabia. Sementara istri Raif Badawi, Ensaf Haidar dan ketiga anak mereka, belum lama ini mendapat kewarganegaraan Kanada.

Sebagai reaksi atas kritik lewat Twitter itu, Arab Saudi hari Senin (6/7) menyatakan "persona non grata" dan mengusir duta besar Kanada di Riyadh Denis Horak.

Kerajaan Arab Saudi memberi waktu 24 jam bagi diplomat Kanada untuk meninggalkan negara Timur Tengah itu. Riyadh juga menarik pulang dutabesarnya dari Kanada.

Baca: Pembangunan Rumah Korban Gempa di Kuta Pangwa Diprotes Warga, Ada yang Tiangnya Miring

Kementrian luar negeri Arab Saudi menyatakan, kritik Kanada merupakan bentuk campur tangan urusan dalam negeri negara lain yang melanggar semua norma dan protokol diplomatik.

Arab Saudi juga membekukan semua kerjasama ekonomi dan investasi dengan Kanada.

Krisis makin memanas, setelah maskapai penerbangan Saudia Airlines mengumumkan, mulai pekan depan menghentikan semua penerbangan keToronto, Kanada.

Halaman
123
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help